Terbaru

Pemerhati Anak Ajak Orang Tua Jangan Sampai Salah Asuh Mendidik Anak

Sosialisasi perlonperlin anak di Sawo |Foto:
Istimewa
Nias Utara, - Untuk mendukung tumbuh kembang anak dimasa yang akan datang, setiap orang tua diajak untuk tidak salah asuh dalam mendidik. Hal itu disampaikannya, seorang pemerhati anak, Marlius Telaumbanua saat menjadi narasumber pada sosialisasi tentang perlindungan anak yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Anak (PPA) Rofa di Gereja BNKP Rofa, Desa Hiliduruwa Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara, Selasa (13/11/2018).

"Setiap orang tua harus menguasai pola asuh yang tepat karena sangat berdampak dalam perkembangan anak dimasa yang akan datang," tuturnya. 

Marlius yang merupakan mantan Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan GMNI ini juga mengatakan, seyogianya orang tua harus memberikan keteladanan yang baik kepada anak karena apa yang dilihat anak-anak maka besar kemungkinan itu yang akan dilakukannya.

"Anak-anak itu, 'see and do' apa yang mereka lihat, itu yang mereka tiru, makanya sebagai orangtua sangat berhati-hati dalam bertindak karena anak akan mencontoh," terang Marlius.

Dijelaskannya bahwa selama ini tanpa disadari banyak orang tua yang melakukan tindak kekerasan terhadap anaknya yang sangat berakibat fatal untuk perkembangan fisik dan psikis anak, seperti kekerasan bidang emosional diantaranya memarahi anak berdampak pada kejatuhan mental anak sehingga anak kelak tidak punya kepercayaan diri.

Selain itu tindakan yang sering dilakukan adalah pengabaian seperti tidak peduli ketika anak meminta sesuatu, sehingga anak memilih keluar rumah dan akhirnya menjadi liar karena merasa kehidupan diluar rumah keluarga lebih nyaman karena tidak adanya kepedulian yang pada akhirnya anak tertutup dan cepat terjerumus ke hal yang tidak baik.

Sosialisasi tersebut dihadiri  ratusan orang tua anak, Pendeta Jemaat, Pengawas dan Pengurus PPA Rofa. (red/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara