Terbaru

PKPA Nias Gelar Desiminasi Forum Diversi Berbasis Kearifan lokal di Nisel

Diseminasi forum diversi berbasis kearifan
Lokal |Foto: Tri Buaya
Nias Selatan,- Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Nias menggelar Diseminasi terhadap draft SOP dan Forum SK Diversi Berbasis Kearifan Lokal di Aula Hotel Hernelis Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, Senin (26/11/2018).

"Forum diversi ini bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan dalam upaya penyelesaian perkara penanganan anak yang berhadapan hukum dalam proses diversi dengan pendekatan restorative justice yang dilakukan secara terkoordinasi oleh aparat penegak hukum, pemerintah daerah lembaga perlindungan anak, panti asuhan di Nias Selatan," papar Chairidani Purnawati, Manager PKPA Cabang Nias.

Forum ini adalah tindak lanjut dari kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) yang dilaksanakan di tiga daerah sebelumnya yaitu, Nias Selatan, Kota Gunungsitoli dan Nias Utara

Dalam forum ini, menurut dia nantinya diharapkan bertemunya kepentingan pemerintah dan masyarakat dalam upaya menciptakan pemenuhan hak anak yang berkonflik dengan hukum.

"PKPA Nias menginisiasi forum diversi ini karna begitu banyak kasus anak yang berhadapan dengan hukum di Pulau Nias, dan PKPA Nias kemudian mengharapkan adanya peran dari masyarakat yang ada di Nias Selatan untuk menyelesaikan kasus anak yang berhadapan dengan hukum dengan berbasis kearifan lokal, diversi ini hanya berlaku bagi pelaku yang ancaman hukumannya dibawah 7 Tahun dan bukan pengulangan,"Terang Chairidani.

Forum diversi ini turut dihadiri oleh Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Dinas Sosial, LBH Unit PPA Polres Nias Selatan dan undangan lainnya. (Tri Buaya)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara