Terbaru

Sejumlah Atraksi Budaya Ditampilkan Oleh Kontingen Nias Utara di Pesta Yaahowu Nisel

Penampilan kontingen Nias Utara |Foto:
Haogô Zega

Nias Utara,- Pemerintah Kabupaten Nias Utara menampilkan sejumlah tari atau atraksi budaya pada Pegelaran Yaahowu Nias Festival tahun 2018 di lapangan Orurusa Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (17/11/2018).

Pada acara pembukaan Yaahowu Nias Festival tersebut, salah satu tari yang ditampilkan Nias Utara yaitu Tari Lailö yöu.

"Tari Lailö Yöu adalah tari tradisional Nias Utara yang biasa di tampilkan pada acara suka cita dengan mempertunjukan seni silat bagi kaum laki-laki dan tari saembu bagi kaum perempuan yang diiringi dengan nyanyian lailö," jelas pelatih tari dan budaya dari Nias Utara, Marius Telaumbanua.

Tari lailö yöu itu saat ditampilkan diiringi dengan sair lagu bahasa daerah Nias diantaranya lagu Fekoligu baguli danö, bowomadala dan lagu ufaku-faku danö.
Selain itu, Nias Utara pada hari sebelumnya seperti Kabupaten kota lainnya juga ikut serta menggelar karnaval keliling kota telukdalam Nias selatan.

"Karnaval atau pawai sudah kita laksanakan, kemudian ubölö lailö, manamakhe, maena masal juga kita tampilkan, Nias utara juga akan mengikuti pemilihan putri Pariwisata sekepulauan nias," tambahnya.

Pantaun wartanias.com pada acara pembukaan Yaahowu Nias Festival yang dilaksanakan di lapangan Orurusa Telukdalam Kabupaten Nias Selatan itu, turut dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Nias Utara M Ingati Nazara, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, SKPD dari Nias Utara dan Kepala Daerah lainnya di sekepulauan Nias. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara