Terbaru

Sowa'a Laoli Bacakan Amanat Presiden Pada Peringatan HUT KOPRI Kota Gunungsitoli

Wakil Walikota Sowa'a Laoli |Foto: Ferry
Harefa
Gunungsitoli, - Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli membacakan amanat Presiden Republik Indonesia (RI) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Ke-47 Kota Gunungsitoli tahun 2018 bertempat dihalaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Kamis (29/11/2018).

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Walikota Gunungsitoli tersebut, Presiden RI menyampaikan bahwa selama 47 tahun, KORPRI beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara serta telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. 

"Jajaran ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional dan juga telah ikut serta menjadi teladan bagi masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme," bunyi amanat Presiden tersebut.

Dikatakannya bahwa seluruh pencapaian yang telah didapatkan sampai saat ini, tidak terlepas dari peran serta jajaran ASN yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan dan semua wilayah di lndonesia serta perwakilan di luar negeri.

"Untuk itu, pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara melalui peningkatkan penghasilan serta dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun," tutur Sowa'a saat membacakan amanat tersebut.

Masih dalam bunyi amanat itu, Sowa'a juga membeberkan bahwa Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lingkup sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi.

"Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas," terangnya. 

Selain itu, Sowa'a juga berpesan agar ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

"Oleh karena itu, kepada seluruh ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, saya minta untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi atau ego-programnya masing-masing. Sekali lagi, semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah," tururnya. 

Pada kesempatan itu juga, masih dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sowa'a, Presiden juga berpesan dan meminta kepada seluruh jaiaran Aparatur Sipil Negara untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM serta menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, perwakilan unsur Forkopimda, unsur SKPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli dan sejumlah ASN lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara