Terbaru

Jelang Pemilu 2019, Masyarakat Dihimbau Jaga Kerukunan Beragama

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan |Foto:
Istimewa
Gunungsitoli, - Menyongsong Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019 mendatang,  Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kerukunan antar sesama pemeluk agama.

"Dalam menyongsong perlehatan Pesta Demokrasi di Indonesia, saya meminta kepada semua elemen untuk tetap menjaga kerukunan sesama pemeluk agama, apalagi di Pulau Nias belum pernah ada konflik sosial dan jangan sampai pernah ada," harap AKBP Deni dalam arahannya pada Focus Grup Discussion (FGD) yang bertema 'Sinegritas Tiga Pilar Plus Mendukung Pelaksanaan Pemilu 2019 Aman dan Damai' bertempat di Aula Kamtibmas Polres Nias, Kamis (20/12/2018).

Dia juga menyebutkan bahwa meskipun Kepulauan Nias mayoritas beragama Kristen namun tidak mengkerdilkan agama lain, itulah yang dapat menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polres Nias menjelang pemilu 2019. 

"Keamanan menjadi hal yang sangat penting, Negara harus hadir ditengah-tengah masyarakat maka dibentuk Satuan Petugas (Satgas) Nusantara yang sifat lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," terangnya. 

Pada kesempatan itu, Kasat Intelkam Polres Nias, Saksi Tarigan menyampaikan informasi tentang data pemilu 2019 mengenai jumlah DPT dan Tim pemenang di di Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Nias, Kerawanan jelang Pemilu 2019, upaya pemisahan kelompok, lambatnya penerimaan anggaran pemilu oleh pemerintah, perang urat saraf antar kelompok pendukung. Potensi kerawanan, melibatkan anak-anak, pelanggaran lalu lintas, penggunaan fasilitas Negara dan kampanye terselubung, intimidasi serta Money Politik. 

Selain itu Kasat Narkoba Polres Nias, Iptu Martua Manik memaparkan legalitas penyelesaian masalah dilingkungan masyarakat dan perdamaian perkara pidana.

Untuk diketahui tujuan pelaksanaan Focus Grup Discussion (FGD) tersebut ialah untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerja para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para Kepala Desa untuk terus menjalin komunikasi yang baik dalam hal pemecahan permasalahan dan konflik sosial yang timbul di tengah-tengah masyarakat menjelang Pemilu 2019.

Kegiatan itu pun turut dihadiri oleh Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, Wakapolres Nias, Kompol Elizama Zalukhu, Dandim 0213 Nias diwakili Danramil Lahewa, Kasat Binmas, Kasat Intelkam, Kasat Res Narkoba, Bhabinkamtibmas Se-Polres Nias, Babinsa 0213 Nias, Kepala Desa dan Lurah Wilayah Hukum Polres Nias,Tomas, Todat serta Toga. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=