Terbaru

Lasara Sowu & Hilimbowo Olora Tidak Diikutkan Pada Deklarasi Pilkades Damai

Deklarasi Pilkades Damai di Kota Gunungsitoli
|Foto: istimewa
Gunungsitoli, - Sebanyak dua desa di Kecamatan Gunungsitoli Utara tidak diikutsertakan pada pelaksanaan deklarasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) damai yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli pada hari Kamis, 06 Desember 2018.

"Kedua Desa tersebut ialah, Desa Hilimbowo Olora dan Desa Lasara Sowu Kecamatan Gunungsitoli Utara. Untuk sementara, kedua desa ini tidak diikutsertakan dalam kegiatan Deklarasi Pilkades damai sampai waktu yang akan ditentukan kemudian," terang Camat Gunungsitoli Utara, Momimotani Zega dalam suratnya dengan nomor 141/10.126/DPMD/K/2018 yang dihimpun Wartanias.com, Kamis (06/12/2018).

Surat yang ditunjukkan kepada Pj. Kepala Desa Hilimbowo Olora dan Lasara Sowu Kecamatan Gunungsitoli Utara memiliki tembusan kepada BPD dan Panitia Pilkades serta berisikan tentang informasi bahwa terkhusus kepada kedua desa yang bersangkutan untuk sementara waktu tidak diikutsertakan dalam kegiatan Deklarasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) damai. 

Instruksi tersebut dikeluarkan oleh Camat Gunungsitoli Utara setelah menerima surat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gunungsitoli dengan Nomor 141/10.126/DPMD/K/2018 tanggal 4 Desember 2018 perihal Pelaksanaan Kegiatan Deklarasi PILKADES Damai di Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2018.

"Terhadap kedua Desa tersebut ditunda deklarasi damai. Dan seterusnya, kita menunggu petunjuk pimpinan. Terimakasih," ujar Momimotani saat dikonfirmasi Wartanias.com, Kamis (06/12/2018) malam. 

Sebelum itu, dalam keterangannya, saat dikonfirmasi Wartanias.com, Momimotani  membeberkan bahwa sebelumnya pihaknya telah menerima surat dari pemerintah Kota Gunungsitoli dan kemudian melaksanakan rapat bersama panitia Pilkades dari kedua desa yang bersangkutan. 

"Kita sudah terima surat pada hari Jum'at yang lalu. Dan hari ini, Minggu pukul 15.00 Wib kita akan adakan rapat di Desa Hilimbowo Olora dan kemudian Di Desa Lasara Sowu pada pukul 19.30 Wib," terang Camat Momimotani kepada Wartanias.com, Minggu (02/12/2018) lalu. 

Dia juga menjelaskan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk  klarifikasi dan verifikasi data calon kepala desa yang keberatan terhadap keputusan dari panitia Pemilihan Kepala Desa tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa kedua desa tersebut baik Desa Hilimbowo Olora dan Desa Lasara Sowu tengah mengalami polemik tentang masalah tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara