Terbaru

Proyek Jembatan Sawo di Nias Utara Hampir Selesai

Jembatan Sawo yang hampir rampung |Foto:
Haogô Zega
Nias Utara,- Proyek Pembangunan jembatan sawo yang sudah lama dirindukan oleh masyarakat sawo hampir rampung dikerjakan. Setelah selesai perakitan besi baja kini pekerjaan tinggal menunggu pengecoran lantai jembatan. Nantinya perkembangan perekonomian masyarakat akan meningkat. 

Jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Nias Utara ini antara kecamatan sawo dengan kecamatan lotu merupakan salah satu pembangunan prioritas Bupati Nias Utara pada tahun 2018 ini dengan pagu dana sebesar enam miliar.

"Memang jembatan ini sudah lama di usul-usulkan pembangunannya, kami berterimakasih kepada pemerintah daerah yang telah menguncurkan anggaran, karena dengan terbangunnya jembatan ini kekhawatiran masyarakat menyebrangi sungai selama ini apalagi di saat banjir tidak akan ada lagi," ucap masyarakat sawo, Marinus Telaumbanua dilokasi pembangunan saat bertemu dengan wartanias, senin (10/12/2018).

Hal senada disampaikan Setia Murni Telaumbanua, putra kecamatan sawo yang sehari-harinya sebagai dosen di Akademi Komunitas Negeri Nias Utara (AKANIRA) di Lotu mengatakan bahwa Jembatan sawo sepanjang 60 meter dengan lebar 8 meter itu nantinya sangat berdampak positif bagi masyarakat, selain kelancaran transportasi, hasil produksi pertanian masyarakat juga mudah dipasarkan.

"Ketika jembatan ini sudah selesai nantinya perekonomian masyarakat meningkat, harga jual beli produk pertanian masyarakat tentunya naik tak seperti biasanya, kemudian menempuh jarak antara sawo dengan lotu itu cepat, ini semua karena perhatian pemerintah daerah melalui dinas PUPR," kata Setia Murni Telaumbanua yang hendak menyebrangi sungai sawo.

Ditemui diruang kerjanya, selasa (11/12/2018), Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Utara, Agus Hendikus Zalukhu mengatakan pihaknya terus menekankan kepada rekanan supaya semua pekerjaan pada jembatan sawo itu di selesaikan tepat waktu.

"Dengan progres pembangunan yang sekarang ini, kami pastikan jembatan sawo itu pada tahun ini akan dilalui kendaraan," terang Hendikus Zalukhu. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara