Terbaru

Hasil Panen Padi Para Petani di Nias Barat Meningkat


Sawah di Nias Barat |Foto: Eksaudin Zebua
Nias Barat,- Musim panen kali ini merupakan musim terbaik yang bisa dirasakan oleh petani sawah di sejumlah desa di Nias Barat. Betapa tidak banyak masyarakat petani mengaku kalau musim panen kali ini ada peningkatan hasil panen dibanding sebelumnya.

"Musim panen kali ini menggembirakan, tidak banyak hama ditambah lagi tidak dilanda banjir," ujar Ina Filbert kepada wartanias.com saat ditemui di sawah miliknya, Rabu (30/01/2019.

Meski tidak banyak irigasi yang dibangun pemerintah untuk petani sawah, hasil panen dipastikan meningkat pada musim panen tahun ini.

Pantauan wartanias.com, di Lazamba'a Desa Hilidaura yang diperkirakan luas sawahnya sekitar lebih 200 Hektar tdak memiliki Irigasi yang baik dan hanya mengandalkan Air Hujan.

Meskipun demikian, Petani sangat sumringah dikala hasil panen kali ini cukup menggembirakan.

Adapun faktor yg mempengaruhi hasil panen kali menurut masyarakat petani yaitu hujan yang pas dan tidak mengakibatkan banjir selama empat bulan belakangan ini. Apabila musim kemarau tiba dan berkepanjangan, tentu hasil panen pasti tidak menggembirakan.

Irigasi yang baik sangat dibutuhkan di Sawah Ba'a Desa Hilidaura Kecamatan Mandrehe Barat, meskipun sudah ada tetapi sangat tidak memadai.

Jalan usaha Tani juga sudah dibangun Pemerintah Desa Hilidaura dari Dana Desa dan butuh peningkatan yang berkelanjutan untuk kemudahan akses petani.

Kepala Desa Hilidaura, Sawato Zebua menjelaskan bahwa melalui rapat RKPDes 2019 merencanakan akan membangun jalan Lingkar dan jalan yamg membelah Sawah Ba'a sehingga memudahkan pengangkutan Hasil Panen Nantinya.

"Kita rencanakan pembangunan jalan pertanian yang melintasi pertengahan sawah, guna memudahkan petani dalam mengangkut hasil panen" Jelas Sawato Zebua.

Potensi sawah Ba'a ini dengan luasnya yang cukup memadai menjadi berkat dan anugerah tersendiri bagi Warga Desa Hilidaura khususnya ditambah petani dari Desa tetangga yaitu  Desa Sisobandrao, sebagian Lasarafaga dan Sebgian Lagi dari Desa Orahili. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara