Terbaru

KPU Nias Barat Kukuhkan 55 Orang Relawan Demokrasi

Ketua KPU Nias Barat saat kukuhkan Relawan
Demokrasi |Foto: Eksaudin Zebua

Nias Barat,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Barat mengukuhkan sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi). Pengukuhan Relasi tersebut digelar di Aula Rumah Pintar Pemilu KPU kabupaten Nias Barat, pengambilan Sumpah Janji dipimpin langsung oleh Ketua KPU Nias Barat, Famataro Zai, Jumat (18/01/2019).

Salah satu tujuan pembentukan  Relawan Demokrasi dimaksud agar Partisipasi Masyarakat dalam mempergunakan hak pilihnya Pada Pemilu Serentak Rabu, 17 April 2019 dapat meningkat.

Dalam menyukseskan tugasnya, Relawan di bagi atas berbagai 10 Basis Pemilih antara lain : Keluarga, Pemilih Pemula, Pemilih Pemuda, Perempuan, penyandang Disabilitas, Pemilih Berkebutuhan Khusus, Kaum Marjinal, Komunitas, Keagamaan dan Warga Internet.

Dalam Arahan Ketua KPU Nias Barat Famataro Zai, menyampaikan bahwa Relawan Demokrasi pada Pemilu sebelumnya (2014) hanya terdiri dari 5 basis, tetapi pada pemilu kali ini meningkat menjadi 10 basis, hal ini dimaksudkan agar seluruh lapisan masyarakat lebih disentuh oleh relawan.

"Relawan diharapkan langsung bersentuhan kepada masyarakat dan menjadi ujung tombak, dalam hal mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas pemilu, sehingga tingkat golput dapat ditekan," ujar Famataro.

Famataro juga menyampaikan ada 3 tugas pokok Relawan demokrasi yaitu:
1. Bermitra dengan KPU dalam mesosialisasikan pemilu
2. Relawan menumbuhkan semangat dan kesadaran masyarakat bahwa sarana kedaulatan masyarakat dalam menentukan hak pilihnya.
3. Menggerakkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Pantauan wartanias.com, usai Pengukuhan, Relawan  langsung mendapat pembekalan yang berlangsung selama dua hari yaitu 18 dan 19 Januari 2019 dengan Narasumber dari Komisioner dan Jaringan Demokrasi.
"Relawan harus dibekali dengan Pengetahuan Pemilu, Jangan sampai ditanya kapan pemilu, maka relawan tidak bisa jawab," ujar Famataro Zai. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara