Terbaru

Prof. Fakhili Gulo Resmi Dilantik Menjadi Sekda Nias Barat

Profesor Fakhili saat dilantik |Foto: Eksaudin

Nias Barat,- Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli akhirnya melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Defenitif Nias Barat setelah dua tahun sebelumnya hanya dijabat oleh Pelaksana tugas. Sekda yang dilantik oleh Bupati adalah Prof Fakhili Gulo.

Pelantikan Sekda Nias Barat tersebut dilaksanakan di Hall Tokosa Nias Barat, Senin (07/01/2019) pagi.

Bupati Nias Barat mengatakan bahwa pelantikan Sekda tersebut merupakan Amanat UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta Permenpan No. 13/2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Dimana mekanismen dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Pantauan wartanias.com, acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan SK, Pembacaan Naskah Pelantikan Oleh Bupati, Pakta Integritas oleh Prof. Fakhili Gulo, Pengambilan Sumpah Oleh Bupati Nias Barat secara Agama Kristen didampingi Rohaniawan Pdt. Dr. Dorkas Daeli Sekjen BNKP.

Dalam Pidato Pelantikan, Bupati Faduhusi Daely menyampaikan bahwa Pelantikan hari ini merupakan Sejarah di Kabupaten Nias Barat.

"Sejarah, sebagai Sekda kedua Defenitif, setelah Zemi Gulo," katanya.

Bupati menyampaikan bahwa Sekda memiliki peran yang sangat penting karena sekda wajib membantu kepala daerah dan pembinaan kelembagaan Organisasi perangkat Daerah.

Ia pun berharap, agar Sekda defenitif harus menignkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas.

"Kewajiban harus ditunaikan, tanggungjawab harus dipikul dan tugas harus dilaksanakan," harapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar Sekda dapat melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan dan peraturan yabg berlaku, harus tertib administrasi dan wajib meningkatkan disiplin aparatur, sehingga terwujud cita cita bersama menuju Nias Barat berdaya.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Khenoki, ketua DPRD Nias Barat Ir. Nitema Gulo, Pimpinan OPD, Tamu Undangan terlihat Wakil Bupati Nias, Forkopimda Waka Polres Nias, Mewakili Dandim, Kepala Taspen dan sejumlah tokoh masyarakat. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara