Terbaru

Sail Indonesia Tahun 2019 Akan Dilaksanakan Di Pulau Nias

Dinas pariwisata Sumut dan Pemda sepulau
Nias |Foto: Budi Gea

Gunungsitoli,- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia menunjuk Pulau Nias di Sumatra Utara, sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019. Sail Indonesia sendiri merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009 lalu.

Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 lalu, yaitu Sail Moyo Tambora.

Kali ini, giliran Nias yang didapuk sebagai kandidat tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia yang direncanakan pada bulan September 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi Sumatera Utara Hidayati saat diwawancarai wartanias.com baru-baru ini menjelma bahwa ajang Sail Indonesia 2019 di Pulau Nias bertujuan untuk menciptakan Nias Baru.

"Ajang ini nantinya diharapkan bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk membangun pulau Nias baik itu fisik dan non fisik. Jadi di sini kita harapkan bahwa ajang ini bisa membuat Nias baru dan Nias yang terkenal dimata dunia," ujarnya saat melakukan rapat koordinasi bersama Pemerintah daerah sePulau Nias, (17/01/2019) lalu.

Menurut dia, Sail Indonesia 2019 yang diselenggarakan di Nias nantinya bisa membangkitkan roda perekonomian masyarakat.

"Momen ini nantinya kita harapkan bisa menjadi peningkatan dan pertumbuhan ekonomi baik itu yang bersumber dari pariwisata maupun lainnya dan ini bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat pulau Nias," tuturnya.

Hidayati juga mengatakan bahwa sejumlah event dan kegaitan nantinya akan diselenggarakan pada acara Sail Nias 2019 tersebut seperti karnaval atau parade kapal perang dan motor cross.

"Kegiatan atau event yang direncanakan ada sekitar 20 kegiatan, kita harapkan dengan event tersebut nantinya dapat meningkatkan pembangunan kepariwisataan di Pulau Nias dan Sumatera Utara pada umumnya," tambahnya.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah provinsi sumatera Utara bersama Pemerintah Daerah sePulau Nias akan bersiap untuk menyambut Sail Nias tersebut. Sejumlah sarana dan prasarana juga akan dipersiapkan menjelang bulan September 2019 ini.

"Kita berharap semoga rencana ini bisa berjalan dengan baik dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat," tambahnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara