Terbaru

Warga Lotu Keluhkan Air Bersih Yang Dibangun Pemerintah Tidak Mengalir

Pipa air bersih di Lotu yang ditemukan rusak
|Foto: Haogô Zega

Nias Utara,- Ratusan masyarakat Lotu Kabupaten Nias Utara mengeluh karena air bersih yang dibangun Pemerintah Daerah pada tahun 2018 lalu kini tidak mengalir ke bak penampungan, Rabu (23/01/2019).

Padahal tahun 2018 kemarin, Sarana Air Bersih (SAB) yang ada di Kecamatan Lotu barusan dilakukan pekerjaan rehab dengan anggaran mencapai miliaran rupiah.
Warga menilai  bahwa pekerjaan rehab sanitasi air bersih tersebut tidak semakin namun hanya menambah kekecewaan masyarakat.

Air yang tidak kunjung mengalir selama tiga minggu lebih itu menurut warga seakan dicuekin dan diabaikan begitu saja oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nias Utara yang melakukan pekerjaan pembangunan Sarana Air Bersih tersebut.

"Sarana air bersih di lotu ini kan barusan direhab, lalu kenapa airnya tidak mengalir, ataupun kalau sudah rusak pasti ada dana pemeliharaan untuk penanganan sementara, bukan dibiarkan kami menikmati kekeringan air bersih, ini hampir satu bulan tidak ada sama sekali penanganan dari dinas PU," ucap Ama Anu Gea Desa Hilidundra Warga Kecamatan Lotu.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sarana Air Bersih, Taruli Zega mengakui berkali-kali selama ini telah memberitahukan ke Dinas PUPR kondisi air bersih yang tidak mengalir itu, namun tidak direspon.

"Akibat curah hujan tinggi mengakibatkan longsor dan pipa tertimpa, kita tetap berupaya utk memperbaiki kembali setelah berkoordinasi dengan PUPR, berkali-kali telah kami sampaikan dan mudah-mudahan secepatnya diperbaiki," jelas Taruli. 

Hingga berita ini diturunkan, wartanias.com akan terus berupaya mengkonfirmasi hal ini kepada pihak Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara