Terbaru

Bawaslu Nias Utara Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Sosialisasi Bawaslu Nias Utara |Foto: Haogô
Zega 

Nias Utara,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Nias Utara selenggarakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif untuk menyukseskan Pemilu 17 April 2019 mendatang. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Gereja BNKP Kota Lotu, Jumat (15/3/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Utara, Memori Zendrato saat membuka secara resmi pelaksanaan sosialisasi, mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama berpartisipasi melakukan pengawasan proses penyelenggaraan pemilu.

"Karena bawaslu kekurangan personil untuk mengawasi hingga ke pelosok atau daerah terpencil, maka dalam kesempatan sosialisasi ini kami mengajak bapak, ibu, dan adik-adik pelajar pemilih pemula mari bersama-sama melakukan pengawasan pemilu," tutur Memori.

Dijelaskannya, contoh pelanggaran pemilu itu seperti money politic, oknum aparatur sipil negara tidak netral atau terlibat berpolitik, dan banyak isu lain yang berkembang saat ini.

"Kami berharap, peserta sosialisasi hari ini dapat menjadi penyambung lidah kami, untuk menginformasikan pengawasan pemilu ini kepada seluruh masyarakat nias utara, sehingga nantinya dapat memberikan informasi kepada kami terkait pelanggaran pemilu yang sedang terjadi," katanya.

Sementara itu, mewakili peserta sosialisasi, Ama Winer Zalukhu menyabut baik kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bawaslu tersebut.

"Mari kita partisipatif menyampaikan apa inti sosialisasi ini kepada seluruh masyarakat, dan mari kita menghindari diri dari berbagai bentuk pelanggaran politik," ucap ama winer dalam sambutannya.

Setelah sosialisasi dibuka resmi oleh ketua bawaslu, selanjutnya pemaparan materi dari narasumber tentang pengawasan pemilu partisipatif.

Pantauan wartanias.com peserta tampak antusias mengikuti sosialisasi tersebut. 
Peserta sosialisasi yang hadir yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemilih pemula dari SMA Negeri 1 lotu, pemilih pemula dari SMK Swasta Kristen BNKP Luzamanu, dan pemilih pemula dari SMAK Lotu. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...
 border=