Terbaru

Bupati Apresiasi Pelaksanaan TMMD Ke-104 di Kabupaten Nias

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli |Foto: istimewa
Nias, - Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Tahun Anggaran 2019 yang diinisiasi oleh Kodim 0213/Nias. Hal itu diungkapkannya dalam sambutannya pada Upacara Penutupan TMMD Ke-104 Tahun Anggaran 2019 bertempat di Lapangan Baringin Kecamatan Gido Kabupaten Nias, Rabu (27/04/2019).

"Ini merupakan Operasi Bhakti TNI dengan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias, dimana program TMMD ini memiliki makna yang sangat strategis untuk meningkatkan kemajuan pembangunan daerah," ucap Sokhiatulo. 

Dia juga menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-104 di Kabupaten Nias telah dilaksanakan kurang lebih satu bulan yang lalu, dengan tujuan utama untuk membuka infrastruktur jalan, membuka keterisoliran wilayah yang ada di sekitarnya sekaligus melaksanakan beberapa kegiatan bhakti sosial. 

"Kegiatan ini menjadi refleksi kekuatan besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi dan misi yang sama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat. Semangat kebersamaan inilah yang sebenarnya menjadi bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat dan berharap hal ini tetap terjaga dan terpelihara," harapnya.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa tersebut karena menurutnya program itu tidak hanya ditujukan untuk mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam mengelola potensi daerah yang dimilikinya.

"Dengan demikian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang tahun ini mengusung tema 'Melahui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Dalam Kehidupan Berbangsa dan Benegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional' Ini sangat penting dalam rangka mengakselerasi pembangunan serta selaras dengan target dan pencapaian pembangunan Nasional untuk mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian yang berlandaskan Gotong-royong," papar Sokhiatulo. 

Seterusnya, Bupati Nias juga menerangkan bahwa pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa tersebut memiliki arti yang cukup penting didalam upaya untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Soziona, dimana dalam kegiatan ini telah terlaksana pembukaan badan jalan sepanjang 6 Kilometer dengan lebar jalan + 23 meter. Akses jalan ini tidak hanya mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Nias tetapi juga membuka akses transportasi serta kemudahan didalam berbagai aktivitas rutin masyarakat.

"Selanjutnya dalam kesempatan yang baik ini, kami juga mengspresiasi setinggi-tingginya kepada TNI terutama di dalam pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat di Kabupaten Nias. Berbagai kegiatan yang telah terlaksana antara lain Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Kesehatan dan Keluarga Berencana, Pertanian, Kelautan, Kehutanan dan penyuluhan bahaya Narkoba serta penyuluhan dibidang lainnya," tuturnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa program TMMD yang lainnya yang telah terlaksana berupa kegiatan peningkatan ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pengecatan rumah ibadah gereja dan mesjid. Kegiatan TMMD ini juga merupakan kesempatan yang baik bagi segenap Prajurit TNI dapat berinteraksi dengan masyarakat biasa sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas di lapangan serta menghindari kegiatan yang bersifat kontraproduktif.

"Untuk itu kita berharap agar kiranya program ini, yang merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya, dapat terus dilanjutkan secara bersinergi dan berkesinambungan. Karena kita meyakini bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa ini merupakan bentuk pengabdian kita demi terwujudnya pertahanan dan keamanan negara," ujarnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara