Terbaru

Diresmikan Bupati, Rumah Sakit Pratama Nias Utara Akhirnya Beroperasi

Rumah sakit Pratama nias Utara |Foto:
Haogô Zega

Nias Utara,- Diresmikan oleh Bupati Nias Utara, M Ingati Nazara, Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama mulai beroperasi hari ini, selasa (5/3/2019).

M Ingati Nazara pada sambutannya menjelaskan bahwa kesehatan merupakan hak azasi manusia dan salah satu unsur cita-cita yang harus diwujudkan oleh bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pancasila dan Undang-Undang dasar Republik Indonesia 1945.

"Atas dasar tersebut pemerintah pusat melalui kementrian kesehatan telah menyusun program kegiatan salah satunya pembangunan RSU Pratama di daerah terpencil berdasarkan peraturan menteri kesehatan republik Indonesia nomor 24 tahun 2014, sehingga pemerintah kabupaten nias utara melalui dinas kesehatan berupaya RSU Pratama ini dibangun di kabupaten nias utara," tuturnya.

Ingati juga menjelaskan, pada tahun 2016 lalu pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus memberikan anggaran sebesar 5 miliar untuk pemantapan lahan dan pemagaran lokasi, selanjutnya pada tahun 2017 pemerintah pusat kembali memberikan anggaran sebesar 25 miliar untuk pembangunan gedung rumah sakit dan 10 miliar untuk pengadaan alat-alat kesehatan.

"Pembangunan rumah sakit pratama ini merupakan salah satu visi dan misi pemerintah kabupaten nias utara periode 2016-2021 untuk mewujudkan masyarakat nias utara yang sehat, rumah sakit pratama ini merupakan rumah sakit tipe D pratama dimana tidak ada istilah kelas I, II, III, maupun VIP artinya pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat tidak dibeda-bedakan," katanya.

Pada peresmian RSU Pratama tersebut, M Ingati Nazara mengucapkan terimakasih kepada kementerian kesehatan yang telah memberikan anggran pembangunan RSU pratama di kabupaten nias utara, Juga kepada dinas kesehatan provinsi sumatera utara, kepada universitas gadjahmada dan universitas sumatera utara yang telah bekerja sama dalam melakukan rekrutman Sumber Daya Manusia rumah sakit prarama, kepada lembaga DPRD dan tim persiapan rumah sakit pratama yg melibatkan beberapa instansi terkait yg ada di kabupaten nias utara.

"Pemerintah kabupaten nias utara mengucapkan terimakasih terkhusus kepada bapak ibu penghibah tanah yang telah merelakan tanahnya untuk digunakan sebagai lokasi pembagunan rumah sakit pratama di nias utara semoga tuhan yang maha kuasa membalas segala kebaikan yang telah diberikan demi kepentingan masyarakat kabupaten nias utara," tambah ingati.

Sementara itu, Kepala desa lolofaoso kecamatan lotu, Kristiaman Nazara dalam sambutannya mengatakan sangat menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan RSU pratama di desa lolofaoso.

"Kiranya rumah sakit pratama ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sehingga masyarakat nias utara bisa hidup sehat sebagaimana biasanya, kami menghimbau kepada masyarakat desa lolofaoso untuk memberikan pengamanan dan ketentraman kepada petugas dirumah sakit ini," terang Kristisman. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...
 border=