Terbaru

Nias Barat Akan Tampilkan Budaya "Fangowalu" di Pekan Raya Sumut

Kadis Parbud Nias Barat |Foto: Eksa Zebua

Nias Barat,- Pemerintah Kabupaten Nias Barat, akan menampilkan Budaya Khas Fangowalu di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang digelar di Medan pada tanggal 2 April 2019 mendatang.

PRSU yang merupakan agenda tahunan Pemerintah Sumatera Utara untuk menampilkan berbagai Budaya khas masing masing daerah yang ada di Wilayah Sumatera Utara.

Kepaka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Yosua Hia menjelaskan bahwa pihaknya akan tampil di PRSU pada Senin 2 April 2019 dan  menampilkan budaya Fangowalu yang dalam hal ini "Fanika Gera-era mbowo".

"Kita dari Nias Barat akan menampilkan Budaya Fangowalu yang endingnya Fanika Gera-era mbowo," Jelas Yosua.

Fanika Gera-era mbowo dijelaskannya merupakan budaya khas Nias Barat yang bisa dikatakan sebagai kesimpulan dari Bowo berisi wejangan kepada mempelai Pria setelah acara pernikahan berlangsung.

Selain Penampilan Inti yaitu Fangowalu, Nias Barat juga akan menampilkan Tarian Folaya Saembu dan juga Tarian Kreasi Baru.

"Kita juga menampilkan Tarian Folaya Saembu dan tarian kreasi baru yang merupakan kreasi khas tanpa menghilangkan nilai nilai budaya khas Nias Barat," tuturnya.

Penampilan Nias Barat nanti di PRSU diharapkan menjadi Sarana didalam memperkenalkan Wajah Nias Barat di Sumatera Utara, Indonesia dan Seluruh Dunia.

"Inilah Bidaya Nias Barat, yang merupakan kekayaan Nias Barat, kita tampilkan untuk memperlihatkan kepada Dunia, agar Nias Barat semakin dikenal," harapnya.

Pantauan wartanias.com, Selasa (26/03/2019) telah dilakulan acara pemberangkatan Kontingen Nias Barat oleh Wabup Khenoki Waruwu  sekaligus Gladi Resik. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara