Terbaru

Wabub Nias Barat Buka Acara Musrenbang RKPD Tahun 2020

Wabub saat buka Musrenbang |Foto: Eksa
Zebua
Nias Barat,- Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu membuka secara langsung pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangaunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Nias Barat Tahun 2020 di Hall Tokosa Nias Barat, Kamis (14/03/2019).

Kehenoki menjelaskan bahwa musrenbang tersebut merupakan salah satu tahapan dalam perencanaan pembangunan yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang secara operasional diatur pada pasal 94 peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 yang menyatakan bahwa dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah maka dilaksanakan musrenbang yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan sebagai wujud dari pendekatan perencanaan pembangunan yang partisipatif.

"Musrenbang ini juga sebagai forum bagi stakeholders untuk menetapkan sasaran dan prioritas pembangunan daerah, serta rencana program dan kegiatan pada tahun anggaran 2020. Forum ini juga merupakan bentuk komitmen para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel," jelasnya.

Musrenbang tersebut juga menurut dia merupakan Forum untuk menyepakati Permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah,
menyepakati program, kegiatan, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah
dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi serta
klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa Tahun 2020 merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2016-2021 dan pemerintah kabupaten nias barat mengangkat tema pembangunan yakni “Pemantapan Pembangunan Infrastruktur Dasar Dan Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Pertumbuhan Berkualitas Menuju Nias Barat Berdaya Yang Bermartabat”.

Dalam rangka menyukseskan berbagai rencana Program Pembangunan di Kabupaten Nias Barat, Wakil Bupati menyampaikan bahwa membangun Daerah harus dengan semangat kebersamaan.

“Semangat kebersamaan, sekali lagi semangat kebersamaan, maka semua tantangan dapat kita hadapi," tandas wabup dalam arahannya.

“Mari rapatkan barisan kalau kita ingin maju dan berkembang, bekerjsama dan saling memberi masukan,” tambahnya.

Usai memberikan arahan, Wakil Bupati Membuka Pelaksanaan Musrenbang RKPD Nias Barat tahun 2020 ditandai dengan pemukulan gong.

Musrenbang RKPD itu sendiri rencananya akan dilaksanakan selama dua hari dari 14 Maret sampai 15 Maret 2019.

Musrenbang itu turut dihadiri Ketua DPRD Nitema Gulo, Sekda Prof Fakhili, Para Kepala OPD, Forkopimda, Ketua TP-PKK Ny. Insani Faduhusi Daely, Tokoh Masyrakat terlihat Mantan Sekda Nias FG Martin Zebua, Rohaniawan Pastor Purwo, Para Camat, Kepala Desa dan undangan lainnya.

Narasumber pada kegiatan itu adalah Direktur Perencaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal Rafdinal, S.Sos, M.TP, mewakili Kepala Bappedasu Pahala Panjaitan, ST, MT dan Kepala BPS Nias. (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara