Terbaru

KPU Nias Barat Gelar Simulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara

Simulasi putungsura KPU Nias Barat |Foto:
Eksaudin zebua 
Nias Barat,-, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Barat menggelar Simulasi Pemungutan,  Penghitungan Suara (Putungsura) Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu Serentak Tahun 2019 bertempat di depan Gedung BSG Nias Barat pagi Sabtu, (13/04/2019).

Acara Simulasi tersebut dimulai dengan Pengambilan Sumpah Anggota KPPS oleh ketua PPS, kemudian pengecekkan kotak surat suara, penghitungan jumlah surat suara pada lima kotak surat suara.

Calon pemilih yang telah mendapatkan Formulir C-6 terlebih dahulu mendaftarkan diri di meja KPPS, kemudian Pemanggilan Peserta Pemilih yang kemudian diberikan lima Jenis surat suara, kemudian pemilih menuju Bilik Pencoblosan.

Setelah dilakukan Pencoblosan, Surat Suara dimasukkan satu persatu kedalam 5 Kotak Surat Suara. Untuk memudahkan Pemilih memasukkan Surat Suara yang telah dicoblos, petugas KPPS Memberikan petunjuk kepada pemilih dimana akan dimasukkan surat suara sesuai jenisnya.

Sebelum keluar dari TPS, Pemilih wajib mencelupkan jarinya kedalam tinta, sebagai bukti bahwa telah menggunakan hak pilih dan mencegah Pemilih menggunakan hak pilih lebih dari satu kali.

Ketua KPU Nias Barat, Famataro Zai menyampaikan bahwa Simulasi Putungsura pada hari ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi bagi seluruh penyelenggara.

"Simulasi ini, kita laksanakan untuk menyamakan persepsi para penyelenggara tentang apa dan bagaimana melaksanakan Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS dan Rekapitulasi Hasil Suara nanti pada Rabu, 17 April 2019,"Jelasnya.

Acara simulasi itu, dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Nias Barat, Ketua Bawaslu Yulianus dan Komisioner Hiskiel Daeli, mewakili Bupati Nias Barat Kepala Kesbangpol, Kasatpol Tolona Gulo, Danramil Mandrehe, dan Seluruh PPK dan PPS di Nias Barat. (Eksaudin Zebua

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara