Terbaru

Siswa Tamatan SMK Diharapkan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Kacabdisdik Gunungsitoli Gatimbowo Lase
|Foto: istimewa 
Gunungsitoli, - Siswa tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan mampu menjadi salah satu solusi yang dapat menciptakan lapangan kerja setelah lulus dari bangku sekolah.

Harapan dan target tersebut diutarakan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Gunungsitoli, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Gatimbowo Lase yang dikonfirmasi Wartanias.com di ruang kerjanya, Selasa (21/05/2019).

"Tahun ini kita akan fokus untuk mendorong SMK khususnya jurusan Pertanian, agar lebih serius dalam implementasi atau praktiknya. Kita ingin SMK Pertanian ini menjadi penghasil dari pada produk pertanian seperti buah-buahan, Cabai, Bawang, sayur mayur dan lain sebagainya," tutur Gatimbowo.

Selain itu dia juga menyebutkan bahwa target lainnya ialah meminimalisir dan mengurangi impor hasil pertanian dari luar daerah.

"Tanah di daerah kita, justru lebih subur dibandingkan dengan daerah di luar sana. 
Nah, harusnya hal ini yang perlu kita kembangkan. Dan salah satu caranya ialah melalui bidang pendidikan," tuturnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa semua target tersebut akan tercapai jika Sekolah-sekolah  mau berbuat dan lebih serius membimbing para ssiswanya. 

"Tidak hanya jurusan Pertanian saja, masih banyak jurusan lain seperti, Jurusan Busana, Boga, Teknik Bangunan dan yang lainnya. Nah, sebenarnya setelah tamat, para siswa ini kita harapkan dapat membuka lapangan kerja, minimal untuk diri sendiri," harapnya.

Selanjutnya, Gatimbowo juga menyampaikan bahwa khusus untuk siswa tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) diharapkan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi Negeri.

"Karena pada dasarnya, tamatan SMA samasekali tidak memiliki kekeahlian khusus seperti SMK. Untuk itu, SMA harusnya melanjutkan keperguruan tinggi Negeri setelah tamat, untuk itu mereka harus dibekali sejak duduk di bangku sekolah," tegas Gatimbowo. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara