Terbaru

Pemkab Nias Gelar Rapat Koordinasi Pembangunan Tahun 2019

Rakor pemkab Nias |Foto: istimewa 
Nias, - Pemerintah Kabupaten Nias menggelar rapat koordinasi bidang pembangunan tahun 2019 bertempat di ruang serbaguna lantai 3 Kantor Bupati Nias, Selasa, (18/06/2019).

Dalam arahannya, Bupati Nias menyampaikan bahwa Rapat tersebut merupakan tindaklanjut sebagaimana di amanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang  Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang  secara operasionalnya dijabarkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017," katanya.

Dijelaskannya bahwa dalam peraturan menteri tersebut mengatur tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Dia juga menyebutkan bahwa dalam rangka pencapaian Visi dan Misi pembangunan yang terimplementasikan dalam pencapaian tujuan dan sasaran dari setiap program dan kegiatan, maka perlu dilakukan pengendalian yang pelaksanaannya dilakukan sebagai upaya agar berjalannya program dan kegiatan-kegiatan tersebut pada setiap periode perencanaan dan penganggaran.

"Evaluasi merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses pelaksanaan pembangunan daerah. Oleh karena pada tahap ini juga akan berjalan fungsi pengendalian, dimana kita dapat melakukan koreksi-koreksi atau pun dukungan yang bertujuan untuk menata, mengarahkan, mendukung setiap proses pelaksanaan kegiatan pembangunan, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Disamping mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang tidak perlu terjadi," tutur Bupati Nias. 

Pada kesempatan itu dia berharap agar rapat koordinasi bidang pembangunan itu dapat menghasilkan rumusan-rumusan konstruktif  sebagai bahan tindak lanjut bagi seluruh Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias dalam mendukung terwujudnya visi dan misi pemerintah Kabupaten Nias. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara