Terbaru

Kelompok Tani 'Ceria' Gelar Penanaman Jagung Bersama TNI Di Gunungsitoli

Babinsa bersama petani |Foto: istimewa 
Gunungsitoli, - Kelompok Tani 'Ceria' yang terletak di Desa Madula Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli didampingi oleh UPSUS pertanian bersama Dua anggota Babinsa TNI dari Ramil 01 Gunungsitoli Dim 0213/Nias Rem 023 Kodam I/BB yakni Sertu Firman Zega dan Praka Pesta B. Zebua melaksanakan penaman jagung, Rabu (03/07/2019).

"Seru dan sangat asyik kami rasakan pada hari ini karena didampingi langsung oleh pihak TNI dalam aktivitas menanam jagung, banyak ilmu kami petik dalam kebersamaan para Babinsa TNI ini." ucap ketua Kelompok Tani Ceria, Ina Hasrat Harefa.

Terlihat disejumlah lokasi, aktivitas petani melakukan penanaman pada bedengan dalam petak lahan yang sudah disiapkan lebih dahulu berupa penggemburan dan sterilisasi tanah dari bakteri. 

Selain itu juga  terlihat pada lahan yang memiliki  luas kurang lebih 1 hektar itu, puluhan anggota kelompok tani tersebut berhasil menyelesaikan penanaman jagung jenis Hibrida P32 SINGA dengan Varietas 030HLMAF.

Sementara Kedua Babinsa tersebut menuturkan kehadiran mereka ditengah para petani untuk berbagi pengalaman dan potensi selain tupoksi utama Babinsa yang hanya harus tinggal di tengah warga desa memberikan pembinaan.

"Selama masa tanam hingga perawatan jelang masa panen nanti, petani merindukan kehadiran TNI selalu karena diyakini mampu menggugah semangat untuk membudidayakan tanaman jagung yang telah menjadi makanan kuliner khas Nias disamping sebagai pakan ternak seperti ayam dan babi," ucap kedua Babinsa itu saat berbincang-bincang dengan para warga di kelompok tani itu.  (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara