Terbaru

Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan, Puskesmas Lotu Dibangun Senilai 5 Miliar


Pertapakan Puskesmas Lotu |Foto: Haogo
Zega
Nias Utara,- Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi senilai lima miliar lebih dikucurkan ke Nias Utara untuk Pembangunan Baru Puskesmas Lotu seluas 32x20 meter, saat ini sedang dikerjakan oleh rekanan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Eben M Zalukhu, S.Kep, NERS saat ditemui wartanias.com di Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara mengatakan pembangunan puskesmas lotu tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, rabu (3/7/2019).

"Saat ini sedang dikerjakan oleh rekanan, tahapan persiapan dan penggalian pondasi sudah selesai, anggarannya bersumber dari DAK afirmasi sebesar 5.290.884.328 rupiah, dengan luas bangunan 32x20 meter diluar selasar," kata Eben.

Eben M Zalukhu menjelaskan selama ini puskesmas lotu ini tidak memiliki banyak ruangan yang memadai, sementara berdasarkan Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang persyaratan sebuah puskesmas seharusnya memiliki ruangan perawatan gigi, ruangan framasi, ruangan laboratorium, dan ruangan rapat.

"Dengan pembangunan baru puskesmas ini nantinya akan menambah kenyamanan bagi masyarakat karena semua fasilitasnya yang memadai," ucapnya.

Ditambahkannya, Pengerjaan pembangunan baru puskesmas lotu ini selama 150 hari, terhitung sejak diikat kontrak pada tanggal 11 juni hingga 8 november 2019 mendatang.

"Iya selama ini lotu sering menjadi langganan banjir, dan untuk mencegah banjir tersebut bangunannya kita tinggikan 50 cm diatas permukan jalan," terangnya.

Masyarakat sekitar juga sangat menerima pembanguan ini dengan harapan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Diakhir keterangannya, Eben M Zalukhu berharap kepada masyarakat nias utara utamanya masyarakat kecamatan lotu untuk mendukung pembangunan tersebut. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara