Terbaru

Akan Ada Pemeriksaan Kanker Nasofaring Di UPTD Puskesmas Gunungsitoli

Sekda, kampus Gusit, kadinkes dan camat
Gusit di Puskesmas |Foto: istimewa 
Gunungsitoli, - UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Gunungsitoli akan melaksanakan pemeriksaan kemungkinan adanya penyakit Kanker Nasofaring yang diderita oleh masyarakat di wilayah kecamatan Gunungsitoli.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas kecamatan Gunungsitoli, Elivivian Natalia Zebua saat dikonfirmasi Wartanias.com pada hari Sabtu (24/08/2019).

"Kegiatan ini akan mulai dilaksanakan di UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019, dimulai pada pukul 09.00 wib pagi hingga pukul 15.00 wib sore" terangnya. 

Ia menjelaskan beberapa tanda-tanda gejala Kanker Nasofaring tersebut seperti sering mimisan darah campur lendir, telinga berdengung, penurunan pendengaran, sering sakit kepala, hidung sering terasa tersumbat, penglihatan ganda serta pembengkakan di leher.

"Adapun tujuan pemeriksaan ini ialah untuk menekan tingginya kasus kesakitan atau angka kematian masyarakat yang diakibatkan oleh kanker nasofaring ini," paparnya.

Dijelaskannya juga bahwa pada pelaksanaan kegiatan itu, pihaknya akan dibantu oleh tenaga medis dan paramedis puskesmas, tim dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) serta dokter spesialis dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Selanjutnya dia juga mengharapkan agar pelaksanan pemeriksaan tersebut, masyarakat dapat terbantu untuk mengetahui lebih dini tentang tanda dan gejala kanker nasofaring dimaksud. 

"Dan kita juga berharap agar masyarakat dapat antusias untuk memeriksakan dirinya guna mencegah penyakit kanker nasofaring tersebut. Mencegah lebih baik dari pada mengobati," tegasnya.

Dia juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan program Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Gunungsitoli dan Lembaga penelitian USU.

"Kemudian Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, melalui UPTD Puskesmas yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli akan melaksanakan pemeriksaan kanker tersebut secara bertahap dan terjadwal. Untuk jadwal pertamalah UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli," tuturnya menjelaskan. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara