Terbaru

Anak-Anak Muda Nias Cetuskan Kegiatan Bersih-Bersih di Kota Gunungsitoli

Anak-anak muda Nias di Gunungsitoli |
Foto: istimewa 
Gunungsitoli,- Puluhan anak-anak muda di Pulau Nias yang tergabung dalam World Cleanup Day (WCD) melakukan kegiatan bersih-bersih di wilayah kota Gunungsitoli, Sabtu (21/09/2019).

Kegiatan bersih-bersih tersebut digelar di sepanjang Luaha Sungai Nou hingga pelabuhan lama kota gunungsitoli dan masing-masing sekolah juga turut berperan dengan membersihkan lingkungan sekolahnya masing-masing.

Co Leader WCD, Arif Wardiman Lase kepada wartanias.com, mengatakan bahwa aksi bersih bersih yang dilaksanakan itu bertujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya,agama,ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. 

"Tahun ini, world cleanup day diselenggarakan pada 21 September 2019 bertepatan dengan hari perdamaian internasional 2019. Maka dari itu, kegiatan WCD tahun ini mengambil tema Cleanup For Peaceful Indonesia," ujarnya. 

Ia menjelaskan bahwa World cleanup day merupakan sebuah organisasi yang dinaungi oleh Lets Do It World, yang didirikan bersama para pendiri yang berasal dari seluruh dunia (termasuk indonesia) pada tahun 2014. 

"Sasarannya sudah pasti setiap masyarakat, namun lebih ditekankan pada generasi muda, siswa dan mahasiswa. Ini merupakan event WCD pertama di Kota Gunungsitoli," jelasnya. 

Arif menuturkan, Para relawan yang tergabung dan berkontribusi dalam cleanup itu sekitar 4 ribu lebih yang terdiri dari beberapa SMA di kota Gunungsitoli, diantaranya :
SMA Negeri 1 Gunungsitoli , SMA Negeri 3 Gunungsitoli, Perguruan Pembda Nias, SMA Swasta Santo Xaverius, SMA Negeri Unggulan Sukma Nias. 

"Pemerintah Kota Gunungsitoli sangat mendukung kegiatan ini melalui Dinas Lingkungan Hidup kota Gunungsitoli, terlebih Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota gusit, Ibu Yarniwati Gulo yang sangat mengapresiasikan kegiatan ini. Beliau bangga, pemuda-pemudi, siswa-siswi SMA mampu berkontribusi dan memberi rasa peduli untuk lingkungan. Ibu KDLH turun langsung ke titik lokasi WCD dan menurunkan beberapa petugas kebersihan untuk turun membantu. DLH  juga membantu pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir dan bantuan berupa alat kebersihan," tuturnya. 

Ia menambahkan bahwa kegiatan selanjutnya yang akan mereka lakukan adalah mengajak seluruh kecamatan di kota gunungsitoli untuk melakukan bersih bersih dalam waktu dekat. (Budi Gea) 

Iklan

Loading...
 border=