Terbaru

Ini Capaian Program Pembangunan Pemko Gunungsitoli Tahun 2019

Walikota saat konfrensi pers |Foto: Budi Gea 
Gunungsitoli,- Sejumlah program  pembangunan pemerintah kota Gunungsitoli telah terealisasi dengan baik sekitar 95% dari APBD tahun 2019 ini. 

Hal itu disampaikan Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua kepada sejumlah wartawan saat menggelar konfrensi di Aula Kaliki Kota Gunungsitoli, Senin (16/12/2019). 

"Pelaksanaan APBD 2019 secara umum telah terlaksana dengan baik, khusus kegiatan fisik terealisasi sekitar 95 %," ujarnya. 

Beberapa kegiatan tahun 2019 yang telah terlaksana menurut dia adalah Pembangunan beberapa ruas jalan strategis, Penuntasan pembangunan Jembatan Nou IV, Penataan pedestrian kawasan Lapangan Merdeka/Tugu Gempa,Penataan pedestrian kawasan jalan menyisir pantai, Penuntasan pembangunan kantor di Desa Dahana dan Kantor BPBD di Desa Saewe, Pembangunan 2 unit Puskesmas baru di Desa Hiligeo Kec Gunungsitoli dan di Desa Onowaembo Kec Gunungsitoli Idanoi,  yang dipastikan berfungsi pada awal tahun 2020. 


"Kita juga telah melaksanakan dan memulai Beroperasinya pelabuhan penyeberangan RoRo di Desa Siwalubanua II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi mulai tanggal 2 Desember 2019 yang lalu. Selain itu Penataan Tempat Penjual Buah di jalan Cipto Mangunkusumo jga telah kita lakukan," ujarnya. 

Lakhomizaro juga menyampaikan bahwa Pemko Gunungsitoli telah menerima berbagai penghargaan selama tahun 2019 antara lain Opini WTP atas laporan keuangan tahun 2018 dari BPK RI, Peningkatan nilai Sistim Akuntabilitas Instansi Pemerintah dari  C menjadi CC dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Sebagai pemerintah daerah terbaik tingkat provinsi Sumatera Utara dalam pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa yang diberikan oleh Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara. 

"Kita juga Juara I tingkat nasional festival lomba pangan lokal dari Kementerian Pertanian. Kita juga Sebagai Daerah Peduli Hak Azasi Manusia dari Kemenkuham," ujarnya bangga. 


Ia berharap, seluruh media dan jurnalis bisa mendukung semua program yang telah dan akan di laksanakan pemerintah kota Gunungsitoli pada tahun-tahun berikutnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
loading...