Terbaru

Nias Utara akan Tampilkan Budaya Fanumba Golu Pada PRSU di Medan

Kadis pariwisata Nias Utara |Foto: Haogo
Zega
Nias Utara,- Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang akan digelar di medan pada bulan maret mendatang, Pemerintah Daerah Nias Utara melalui Dinas Pariwisata siapkan 28 personil tampilkan pagelaran "Fanumba Golu".

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Utara, Bazisochi Hulu kepada wartanias.com menyampaikan dengan anggaran yang sangat terbatas senilai 275 juta untuk biaya personil beserta tim pendamping, Nias Utara pada PRSU kali ini tetap menampilkan pagelaran, jumat (21/2/2020).

"Untuk PRSU, kita dari nias utara sedang mempersiapkan pagelaran Fanumba Golu asli budaya nias utara, selain itu juga ada nanti tari sekapur sirih khusus untuk penyambutan tamu yang datang, biaya untuk personil dan tim pendamping semuanya hanya 275 juta," ucapnya sembari mengeluhkn anggaran yang sangat minim itu.

Bazisochi Hulu menjelaskan seperti tahun-tahun sebelumnya pada kegiatan PRSU ini sebenarnya produk-produk unggulan dari nias utara dipromosikan sehingga mudah dikenal oleh masyarakat luas. Namun kali ini dia berharap kepada masing-masing OPD yang menerima undangan untuk turut serta membawakan produk unggulannya pada saat itu nantinya.

"PRSU ini akan digelar selama satu bulan dimulai dari tanggal 20 maret sampai 20 april 2020 mendatang, dan kita masih menunggu kepastian jadwal nias utara," katanya.

Kegiatan PRSU yang setiap tahun dilaksanakan itu seharusnya memberikan dampak positif di nias utara karena mengeluarkan biaya ratusan juta, Bazisochi Hulu enggan memberi penjelasan yang lebih jauh.

"Apa dampaknya seharusnya itu ditanyakan langsung kepada kepala daerah. mungkin saja salah satu dampak positifnya masyarakat dapat mengenal bagaimana budaya nias utara itu yang sesungguhnya melalui setiap pagelaran yang akan kita tampilkan," jelasnya. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...
loading...