Terbaru

Bupati Nias Barat Buka Acara Musrenbang RKPD Tahun 2021

Bupati Nias Barat saat buka Musrenbang |
Foto : istimewa 
Nias Barat, - Bupati Nias Barat Faduhusi Daely membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat Tahub 2021 bertempat di Hall Tokosa, Rabu, 11 Maret 2020.

Tema Musrenbang RKPD Kabupatèn Nias Barat Tahun 2021 "SINERGITAS DAN AKSELARASI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DASAR DAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENDORONG PENINGKATAN NILAI TAMBAH MENUJU NIAS BARAT BERDAYA"

Kepala Bappeda Nias Barat   Sabahati Gulö, S.Sos.,MM dalam Laporannya menjelaskan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat dimaksudkan untuk membahas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah menjadi Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat untuk Tahun 2021. 

"Musrenbang ini juga dilaksanakan untuk Menyepakati permasalahan pembangunan daerah; Menyepakati prioritas pembangunan daerah; Menyepakati program kegiatan, indikator dan target kinerja serta lokasi; Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi; dan Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan" Sebut Sabahati dalam Laporannya

Kepala Bappeda Juga membacakan capaian indikator ekonomi makro Kabupaten Nias Barat sebagai bahan  dalam merumuskan berbagai program dan kegiatan prioritas daerah pada Tahun 2021. 

"Beberapa indikator ekonomi makro yang mencapai target RPJMD pada Tahun 2018  yakni Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Nias Barat  mencapai 60,42 persen dari target 59,60 persen; Tingkat kemiskinan sebesar 26,56 persen dari target sebesar 28,06 persen; Tingkat Inflasi sebesar 2,86 persen dari target sebesar 2,28 persen, Angka Usia Harapan Hidup sebesar 68,50 Tahun dari target sebesar 68,15 Tahun dan Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 1,23 % dari target sebesar 2,97 %". Sebut Kepala Bappeda dalam laporannya

Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua yang menyampaikan sambutan dalam kegiatan itu mengapresiasi pembangunan Infrastruktur dasar yang sudah terlaksana sesuai visi dan misi awal.

"Namun kalaupun masih ada yang belum terlaksana, maka itulah yang harus kita kejar,  beberapa pokok-pokok pikiran Dewan pada pelaksanaan Musrenbang kali ini mengacu pada permasalahan yang ada dan skala prioritas kebutuhan masyarakat" kata Evolut

Bupati dalam kata Arahannya yang sekaligus membuka sevara resmi Musrenbang tersebut mengatakan  Musrenbang kali ini merupakan Musrenbang terakhir untuk Periode Pemerintahannya.

Bupati menyampaikan  Nias Barat mengalami kendala utama adalah keterbatasan dana; sehingga banyak mimpi dan program yang belum terlaksana. Memang banyak Pasar Rakyat yang telah kita bangun, namun masih belum dapat dimanfaatkan berhubung akses jalan masih belum memadai dan mudah-mudahan tahun ini kita bagun akses jalan sehingga Pasar Rakyat tersebut bisa mulai kita manfaatkan. 

"Mimpi kita masih banyak yang belum jadi kenyataan, maka kita yakin 10-20 tahun Nias Barat baru kelihatan perubahan yang signifikan  dan saat itu kita mulai rasakan pembangunan yang sesungguhnya" tutur Bupati. 

"Ada begitu banyak pembangunan yang telah kita laksanakan, oleh karena itu semua tokoh masyarakat menjadi corong yang dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat. Mari kita bahu-membahu. Tahun ini kita terpaksa biayai program Nasional sekitar 30 Miliar rupiah, kita coba bayangkan berapa item jalan yang bisa kita bangun dari dana itu, tapi kita harus melakukan ini karena program ini merupakan program Nasional yang harus kita sikapi" ujar Bupati.

Acara Musrenbang  diawali dengan Maola Sanggar Budaya Fame'e Afo dari SMA Negeri 1 Lahömi, diteruskan dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indônèsia Raya dan Mars Nias Barat. Kemudian penayangan Informasi Pembangunan dari Tahun 2016-sekarang, penyerahan tanda kenang-kenangan berupa Cindera Mata kepada Narasumber.

Hadir dalam Kegiatan Itu, Wakil Bupati Khenoki Waruwu, Mewakili dari Provsu Kabid Pengelolaan Limbah bahan Berbahaya/Beracun dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Provsu Ibu Ir.Syafridah Siregar, M.Si, Ketua DPRD Evolut, Anggota DPRD antaralain Ketua Komisi II Siado Zai, Nobis Daeli, Forkopimda, Seluruh Kepala OPD, Para Camat, Kades, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pers. (Eksa Zebua
Tes

Iklan

Loading...
loading...