Terbaru

Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli Digelar 3 Hari, Ini Yang Dibahas

Forum Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli
|Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Gunungsitoli menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (10/03/2020). 

Forum Perangkat Daerah ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 10 sampai 12 Maret 2020 yang terbagi atas empat kelompok bidang yaitu Bidang Pelayanan Dasar, Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Bidang Perekonomian serta Bidang Infrastruktur.

Forum yang dibuka secara resmi oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua tersebut merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Forum perangkat daerah merupakan forum strategis bagi seluruh perangkat daerah untuk membahas dan menyepakati secara objektif rancangan rencana kerja perangkat daerah dengan memperhatikan hasil-hasil musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD yang menjadi usulan prioritas pembangunan dengan tujuan memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran.

Dalam arahannya Walikota Gunungsitoli berharap bahwa usulan prioritas pembangunan yang akan dibahas bersama pada forum perangkat daerah ini, benar-benar merupakan usulan prioritas berdasarkan arah kebijakan dan tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2021 dan telah melalui proses pembahasan secara terpadu dan menyeluruh pada musrenbang Desa/Kelurahan maupun pada Musrenbang Kecamatan sehingga setiap usulan prioritas pembangunan memenuhi aspek rasionalitas baik dari sisi perencanaan maupun penganggaran.

"Selanjutnya hasil rumusan kesepakatan akan diimplementasikan dalam bentuk prioritas pembangunan pada rencana kerja masing-masing perangkat daerah dan akan dibahas lebih lanjut pada musyawarah perencanaan pembangunan serta menjadi bahan pemutakhiran rencana kerja pembangunan daerah kota Gunungsitoli tahun 2021," ujarnya. 

Turut hadir pada forum perangkat daerah ini Wakil Walikota Gunungsitoli, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Gunungsitoli, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD dan UPT Cabang Dinas Provinsi Sumatera Utara, Tokoh Masyarakat dan Delegasi Kecamatan, Forum Anak Kota Gunungsitoli, Para pembanding dan pemerhati kinerja pemerintah daerah serta segenap undangan lainnya. (Budi Gea

Iklan

Loading...
 border=