Terbaru

Kisah Wabub Khenoki Waruwu Yang Selalu Ikut Mencari Korban Tenggelam

Wabub Nias Barat saat ikut mencari korban
Tenggelam |Foto: Eksaudin 
Nias Barat,- Sudah ibarat langganan tiap Tahun di perairan laut Sirombu Kabupaten Nias Barat, selalu menelan korban jiwa tenggelam akibat amukan badai dan juga cuaca ekstrim.

Sejak Tahun 2016 hingga Tahun 2020 di perairan laut Sirombu selalu saja ada korban jiwa yang tenggelam di laut akibat amukan badai dan cuaca ekstrim yang terkenal angker dan dahsyat pada musim-musim tertentu. 

Sejak Tahun 2016, Wabup Khenoki diketahui tidak pernah absen hadir melakukan pencarian Korban tenggelam bersama Basarnas dan BPBD Nias Barat.

Ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (04/05/2020) Khenoki menceritakan mengapa bahwa dirinya selalu ikut hadir dan ikut melakukan pencarian korban hanyut atau tenggelam dilaut.

Sikap tersebut menurut dia merupakan gerakan nuraninya sebagai Wakil Bupati Nias Barat untuk memberi semangat bagi keluarga korban dan memotivasi para tim pencari.

"Terutama kepada keluarga korban, mereka sangat membutuhkan kehadiran kita ditengah ketidakpastian, antara keluarga mereka selamat atau tidak. Selain itu kita juga harus memberikan support kepada tim pencari," kata Khenoki.

Sikapnya turut ikut mencari korban ditengah laut, sebenarnya ditentang keluarga, tetapi ia tidak menghiraukan.

"Ia, keluarga melarang, jangan ikut mencari kelaut. Tapi hati nurani saya mengatakan harus ikut," tuturnya.

Wabup mencaritakan, betapa dahsyatnya amukan ombak ketika beberapa kali ikut  melakukan pencarian di lautan bebas. 

"Memang sangat ngeri, ombak dilautan lepas itu sangat dahsyat. Ada yang sebesar gedung dan memcah, sehingga sangat berbahaya bagi pelaut," ujarnya. 

Pemerintah Nias Barat menurutnya sebenarnya sudah melakukan upaya, agar nelayan di Sirombu mengutamakan keselamatan saat melaut dengan membagikan pelampung, tapi sepertinya para nelayan, tidak selalu menggunakan pelampung ketika melaut.

Terkait dua warga Desa Hinako Kecamatan Sirombu yang dikabarkan hilang ketika melaut sejak 30/04/2020 dan masih dilakukan pencarian, Wabup berharap, semoga keluarga terus tabah dan selalu berdoa semoga segera ditemukan dalam keadaan selamat dan Tim Basarnas semangat melakukan pencarian. (Eksaudin Zebua) 

Iklan

Loading...
loading...