Terbaru

Eliyunus Waruwu: Saya Sangat Cinta Dengan Petani

Eliyunus saat hadir pada panen raya di nias barat |Foto: Eksaudin Zebua 

Nias Barat,- Bakal Calon Bupati Nias Barat, Eliyunus Waruwu mengaku sangat cinta dengan petani. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Panem Raya Jagung Kelompok Tani Pembaharuan di Desa Fadoro, Senin, 14/09/2020.


Setelah turut memanem jagung dan usai makan siang, Eliyunus yang merupakan tokoh masyarakat Nias Barat dan pelaku usaha tani, menyampaikan sepatah kata berupa motivasi kepada PPL dan Perwakilan Kelompok Tani yang hadir.  


Selain itu, ia juga menyampaikan harapan-harapannya, agar Pemerintah benar-benar fokus memberhasilkan pertanian di Nias Barat.


"Saya sangat cinta dengan petani, saya dilahirkan dari keluarga petani, sehingga beranjak dari situ, perasaan kita sama," Kata Eliyunus.


"Petani itu sebenarnya pengusaha, hanya selama ini kita persepsikan yang disebut petani pendapatannya kurang dihargai. tapi kalau di tanah Karo rata-rata petani disana sukses, bawa mobil ke lahan, mampu biayai sekolah anaknya keperguruan tinggi yang kesuburan tanah dan luas lahan tidak jauh beda dengan kita," sebut Eliyunus.


Pada kesempatan itu, Eliyunus menyampaikan harapannya, bahwa pertanian di Nias Barat harus maju, pertanian harus memberikan keuntungan, petani harus  sejahtera.


"Kalau kita coba, sebelum memulai bertani, PPL harus membuat Analisa Usaha Tani, membuat rencana kerja apa yang harus dilakukan, sehingga membawa output yang jelas, dan kedepan diharapkan Pemerintah mampu melakukan ini," Kata Eliyunus. 


Eliyunus menegaskan bahwa Pendapatan Petani harus ditingkatkan, melalui pendampingan yang jelas dan serius dari PPL.


"Eliyunus memaparkan bahwa rata rata penghasilan 54.64% masyarakat Nias Barat dibawah Rp. 500.000/Bulan, makanya PTT digaji 750 ribu enjoy aja, makanya kedepan PTT itu harus kita perhatikan, gajinya tidak boleh kurang dari UMR yaitu diatas 1.8 juta, khusus untuk PPL selain gaji diberikan operasional kelapangan, sehingga mereka semngat dan sungguh-sungguh bekerja," Tandasnya. (Eksaudin Zebua) 

Iklan

Loading...
loading...