Terbaru

Berkat Program JKN-KIS, Warga ini Merasa Sangat Terbantu Terutama Pada Pembiayaan



Gunungsitoli, - Teringat Wau, yang merupakan salah seorang pasien yang menjalani program Cuci darah mengaku sangat terbantu karena telah ikut sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dianya mengaku bahwa berkat program tersebut,  pembiayaan jadi sangat terbantu.

"Lima tahun lamanya, saya menjalani cuci darah di rumah sakit dengan siklus tiga kali dalam satu minggu, bukanlah hal yang mudah untuk saya jalani. Begitu banyak upaya dan tenaga yang harus saya dan keluarga korbankan. Tetapi di balik perjuangan yang begitu berat untuk saya jalani, saya selalu menemukan kebaikan dan rasa syukur yang luar biasa," ungkap Teringat Wau pada keterangannya, Senin (26/10/2020) lalu. 

Perempuan kelahiran 12 Mei 1959 ini mengaku bahwa dirinya merasa mendapat banyak dukungan dan semangat untuk terus berjuang dan tetap sehat dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di seluruh Indonesia.

"Dukungan itu saya dapatkan lewat Program JKN-KIS. Peserta JKN-KIS bergotong royong melalui iuran yang dibayarkannya untuk membantu saya dan rekan-rekan yang juga berjuang di ruangan haemodialisa (HD) ini dan di rumah sakit lain pada umumnya. Dukungan ini sangat membantu kami dari segi pendanaan," tuturnya.

Teringat Wau juga mengatakan bahwa dia tidak bisa membayangkan jika dirinya harus menanggung seluruh biaya pengobatan ini secara pribadi yang pasti akan menyulitkannya.

"Pasti ini sangat sulit bagi saya dan keluarga. Jika dihitung secara matematis, iuran yang saya bayarkan hanya Rp 80.000 setiap bulannya, tidaklah sebanding dengan pelayanan yang telah saya dapatkan. Sekali cuci darah saja perlu  jutaan rupiah, dan saya harus melakukannya tiga kali seminggu, jadi sebenarnya sudah ratusan juta rupiah telah diberikan peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia untuk membantu kami melalui iuran yang dibayarkan peserta yang sehat," sebutnya.

Di akhir keterangannya, dia selalu berharap dan terus mendoakan agar segala kebaikan dan rezeki akan Tuhan berikan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Pemerintah, penyedia layanan kesehatan, BPJS Kesehatan, dan seluruh stakeholder yang turut mendukung kesuksesan jalannya Program JKN-KIS ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta JKN-KIS. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua," pungkasnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=