Terbaru

Ingati-Otorius Akan Rubah Nias Utara Menjadi Maju, Berkeadilan, Sejahtera dan Bermartabat

Paslon Bupati dan wakil bupati Nias Utara Nomor Urut 1, M Ingati Nazara dan Otorius Harefa |Foto:. Istimewa

Nias Utara,- Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara Nomor urut 1, M Ingati Nazara sebagai Petahana dan Otorius Harefa akan melanjutkan perubahan dan meneruskan program Pemerintahan sebelumnya sehingga pasangan tersebut mewujudkan visi/misinya adalah Kabupaten Nias Utara Maju, Berkeadilan, Sejahtera dan Bermartabat.

Hal itu tertuang dalam visi dan misi Pasangan Ingati - Otorius yang diperoleh wartanias.com dari tim pemenangan pasangan tersebut, Selasa (17/11/2020).

Makna Yang terkandung dalam visi tersebut adalah: 

Kabupaten Nias Utara: Meliputi seluruh wilayah administrasi dan masyarakat Kabupaten Nias Utara yang terbentuk berdasarkan Undang – Undang Nomor :  48 Tahun 2008.

Maju: Gerakan menjadi lebih baik menuju standar hidup yang layak dan berkeadilan.

Berkeadilan: Tindakan yang dilandasi kepada nilai-nilai kebenaran, tidak bersifat sewenang-wenang, bersifat proporsional namun tetap memiliki keberpihakan terhadap elemen masyarakat yang lemah.

Sejahtera: Keadaan masyarakat  yang baik yaitu mampu memenuhi kebutuhan dasarnya secara layak melalui peningkatan pendapatan, terbukanya lapangan pekerjaan dan berkurangnya penduduk miskin.

Bermartabat: Keadaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bertumpu pada nilai budi pekerti dan budaya yang luhur, mengedepankan etika, moral dan norma agama.

Perwujudan visi “Kabupaten Nias  Utara yang Maju, Sejahtera  dan Bermartabat”  ditempuh melalui misi pembangunan daerah yang merupakan komitmen untuk melaksanakan agenda-agenda utama yang menjadi penentu keberhasilan pencapaian visi  yang terdiri dari :


1. Pengembangan Ekonomi masyarakat yang berbasis ekonomi kerakyatan yang berkualitas, berkeadilan dan berdaya saing dengan pemanfaatan sumber daya lokal.  

2. Pembangunan infrastruktur dasar yang mendukung  pelayanan dan perekonomian masyarakat.

3. Peningkatan kualitas birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani.

4. Peningkatan  kualitas sumber daya manusia yang unggul melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan dasar.  

5. Peningkatan kualitas dan pengembangan taraf kehidupan sosial budaya, keagamaan, perlindungan masyarakat  dalam tatanan kearifan lokal.

"Dengan mempertimbangkan isu strategis Kabupaten Nias Utara saat ini,  maka sebagai Petahana,  visi yang diusung  merupakan keberlanjutan  dari visi sebelumnya   dengan penajaman rumusan sesuai perkembangan yang ada di Kabupaten Nias Utara," ujar Ingati Nazara. (Red)




Iklan

Loading...
loading...