Terbaru

Perdana Di Indonesia, DPD JPKP Gunungsitoli Gelar Seminar Untuk BPD

Ketua DPD JPKP Gunungsitoli Trimen Harefa |Foto: Ferry Harefa

Gunungsitoli, - Untuk pertama kalinya Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) melalui Dewan Pimpinan Daerah Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (DPD-JPKP) Kota Gunungsitoli menggelar kegiatan seminar. Kegiatan seminar itupun ditujukan kepada unsur Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) Se-Kota Gunungsitoli dengan tema 'Peningkatan Kapasitas BPD Dalam Pembangunan Desa'.


"Puji syukur, pada saat ini DPD JPKP Kota Gunungsitoli menggelar seminar. Selama kehadiran JPKP di Indonesia, ini merupakan kegiatan seminar pertama dan juga digagas untuk pertama kalinya oleh DPD JPKP Kota Gunungsitoli," terang Ketua DPD JPKP Kota Gunungsitoli, Trimen Harefa dalam sambutannya pada kegiatan yang dilaksanakan di Gunungsitoli, Sabtu (07/11/2020).


Dijelaskannya bahwa dalam seminar tersebut, pihaknya berinisiatif untuk melakukan program peningkatan kapasitas BPD dalam mendukung pembangunan desa khusunya yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli.


"Saat ini peran serta BPD dalam mendukung program pembangunan di dalam desa sangatlah penting. Mengacu pada peraturan nomor 6 tahun 2014, BPD sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pengembangan pembangunan desa. Untuk itu, program ini kita gelar sebagai cikal bakal dan acuan kepada masyarakat dalam mendukung pemerintah desa dalam peningkatan program pembangunan," tutur trimen. 


Sementara dalam sambutannya, Korwil JPKP Sumut, Imansius Telaumbanua mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DPD JPKP Kota Gunungsitoli yang menurutnya sangat bermanfaat. 


"Semenjak menerima SK pada beberapa bulan lalu, sudah ada 3 kegiatan sosial yang telah dilaksanakan oleh DPD JPKP Kota Gunungsitoli yakni, aksi sosial kepada salah seorang warga desa moawo yang suaminya meninggal dunia saat melaut, membantu salah seorang warga yang mengidap penyakit kanker dan yang terakhir hari ini pelaksanaan seminar. Jadi, program DPD JPKP Kota Gunungsitoli saat ini sudah sangat luar biasa," sebut Imansius. 


Sebelumnya, dalam keterangannya, Ketua panitia pelaksana, Yan Hardin Harefa mengatakan bahwa seminar tersebut dihadiri oleh unsur Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) Se-Kota Gunungsitoli dan dihadiri oleh sejumlah narasumber yakni Ir. Lakhomizaro Zebua selaku pembina DPD JPKP Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas PMDK Gunungsitoli, Peniel Harefa dan Darwin Simanjuntak selaku Manager PT. PLN (Persero) UP3 nias. 


Dalam kegiatan tersebut, selain narasumber turut dihadiri oleh Camat Se-Kota Gunungsitoli, pengurus DPD JPKP Kota Gunungsitoli dan seluruh perwakilan BPD Se-Kota Gunungsitoli. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...