Terbaru

Simulasi Pilkada di Gusit, Kolom Bergambar 97 Suara, Kolom Kosong 23 Suara

Simulasi Pilkada Kota Gunungsitoli di Kelurahan Pasar Gunungsitoli |Foto: istimewa

Gunungsitoli,- Kolom bergambar "wayang" menang sebanyak 97 suara melawan kolom kosong yang memperoleh 23 suara di TPS II, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Sementara itu terdapat 8 surat suara yang batal.

Hal itu terlihat pada kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dan penggunaan Sirekap pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli oleh KPU Kota Gunungsitoli di TPS II, kelurahan pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sabtu (21/11/2020).

Surat suara yang digunakan oleh KPU pada Simulasi tersebut didesain khusus dengan menempatkan kolom bergambar "wayang" sebelah kiri surat suara dan kolom kosong di sebelah kanan surat suara.

Adapun jumlah DPT di TPS tersebut sebanyak 298 orang. Sementara yang menggunakan hak pilihnya 128 orang terdiri dari laki-laki 74 dan perempuan 44. 

Adapun DPT yang digunakan oleh pihak KPU Kota Gunungsitoli adalah DPT yang sebenarnya di TPS tersebut pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli pada 09 Desember 2020 mendatang.

Partisipasi pemilih pada Simulasi tersebut hanya mencapai 42,9%. Padahal sebelumnya, petugas KPPS telah membagikan formulir C-Pemberitahuan-KWK kepada seluruh warga yang memiliki hak pilih di TPS tersebut.

Ketua KPU Gunungsitoli menjelaskan, Simulasi tersebut dilaksanakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS.

"Selain itu, simulasi ini juga bertujuan untuk melatih penyelenggara khususnya yang bertugas sebagai KPPS dalam menjalankan tugas yang baik dan benar di TPS pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Gunungsitoli terutama seperti apa penerapan protokoler kesehatan yang baik dan benar pada masa pandemi covid19 ini," ujarnya. 

Ia berharap, pada 09 Desember 2020 mendatang, tingkat partisipasi pemilih melonjak naik sehingga Pilkada Kota Gunungsitoli tahun 2020 ini sukses.

"Saya mengajak seluruh warga Kota Gunungsitoli yang telah terdaftar di DPT untuk datang ke TPS pada hari Rabu, tanggal 09 Desember 2020 dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli," tambahnya.

Pantauan wartanias.com, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara Herdensi Adnin tampak langsung hadir memonitoring Simulasi tersebut. Petugas PPK seKota Gunungsitoli tampak bertugas sebagai KPPS pada Simulasi itu. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
loading...