Terbaru

Warga ini Mengaku Puas Dengan Layanan Kesehatan Dari Program JKN-KIS


Gunungsitoli, - Perasaan puas dengan layanan (Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tergambar dari raut wajah bahagia Elvira Hulu saat ditanya pendapatnya tentang Program JKN-KIS tersebut. Layanan cepat dan tidak berbelit menjadi alasan kepuasannya dalam layanan kesehatan. Ianya juga menceritakan pengalamannya saat menjalani persalinan di RSUD Gunungsitoli dengan memanfaatkan Program JKN-KIS.

"Dari awal kehamilan, saya dan suami berharap proses persalinan dilakukan secara normal. Tetapi seiring berkembangnya janin dan hasil pemeriksaan di rumah sakit, dokter yang menangani mengharuskan persalinan melalui operasi caesar," sebutnya, Jum'at (30/10/2020) lalu. 

Pada saat itu, Elvira Hulu menyampaikan dan memaparkan bahwa selama masa kehamilan, ianya rajin melakukan kontrol ke rumah sakit karena keluhan yang dialaminya. Ia berharap bisa melahirkan secara normal meskipun selama masa kehamilannya, ada keluhan yang ia alami.

Elvira mengaku, sempat khawatir saat mendekati hari persalinan anak pertamanya. Ketakutan yang dirasakannya tidak hanya tentang proses operasi, tetapi biaya persalinan yang besar menjadi pertimbangan berat bagi dirinya dan juga keluarga.

"Selain proses operasi dan masa pemulihan cukup lama, kami juga memikirkan biaya operasi yang besar dibandingkan dengan persalinan normal. Sungguh melegakan, ketika kami tahu program ini memberi jaminan bagi persalinan normal maupun operasi," tuturnya.

Ia juga meceritakan bagaimana Program JKN-KIS ini memberikan kepastian dan kemudahan bagi peserta yang mengikuti prosedur. Menurutnya, sebelum mengakses layanan kesehatan pastikan kartu JKN-KIS yang dipegang oleh peserta berstatus aktif.

"Sebagai peserta pekerja penerima upah, saya juga perlu memastikan keaktifan kartu yang saya pegang. Mungkin saja pemberi kerja lupa membayar iuran pekerjanya, meskipun kejadian ini belum pernah terjadi. Selama iuran dibayar tepat waktu, prosedur administrasi kita ikuti, maka kemudahan layanan menjadi jaminan kita saat berobat," ujarnya

Ibu tiga orang anak ini mengaku sangat tertolong dengan adanya Program JKN-KIS. Proses kelahiran ketiga orang anaknya ia jalani dengan operasi dengan manfaat program JKN-KIS.

"Program ini telah membantu biaya persalin dan proses persalinan saya. Tidak terbayang jika biaya operasi ketiga anak saya harus dibiayai sendiri," terangnya dengan ekspresi bahagia.

Pada kesempatan itu, Elvira juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta JKN-KIS yang telah bergotong royong membantu peserta JKN-KIS yang membutuhkan akses layanan. Karena baginya program ini adalah program pemerintah yang manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Ia juga berharap semua peserta JKN-KIS dari berbagai segmen terus bersemangat saling tolong menolong di dalam kebaikan melalui Program JKN-KIS ini.

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang selalu bergotong royong membantu sesama. Program ini mampu mempersatukan bangsa dalam semangat gotong royong dan tolong menolong. Bagi saya program ini menjadi salah satu keberhasilan pemerintah dengan manfaat yang lengkap dan semua orang dapat merasakan manfaatnya," tutupnya.  (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...