Terbaru

Pemko Gunungsitoli Akan Bagikan Bibit Ternak Babi Kepada Masyarakat

Bibit ternak babi : Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli akan membagikan bibit ternak babi kepada masyarakat pada tahun 2021.

Hal itu disampaikan Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua kepada sejumlah wartawan usai mengikuti rapat pleno terbuka KPU tentang penetapan pasangan calon terpilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Kamis (21/01/2021).

Ia mengaku prihatin atas kelangkaan daging babi lokal di Kota Gunungsitoli dan Pulau Nias secara umum pasca virus ASF yang melanda ternak babi pada tahun 2020 lalu.

"Kita sangat prihatin dengan tidak adanya ternak babi lokal sekarang yang merupakan salah satu persyaratan adat di kota Gunungsitoli dan pulau Nias. Untuk itu, untuk menanggulangi ini semua pemerintah Kota Gunungsitoli di APBD 2021 kita sudah sediakan dana 500 juta untuk membeli bibit babi," ujar Lakhomizaro.

Bibit ternak babi tersebut nantinya akan didatangkan dari luar daerah.

"Jadi, nanti kita bagi kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok peternak," katanya.

Wali Kota Gunungsitoli berjanji akan terus berupaya menambah anggaran untuk pengadaan bibit ternak babi tersebut di APBD tahun berikutnya sehingga ketersediaan babi di Kota Gunungsitoli terpenuhi.

"Dan kami jamin dari pemerintah, bukan hanya di APBD 2021. Kita akan tambah lagi di APBD 2022, sehingga ketersediaan babi di Kota Gunungsitoli bisa terpenuhi," ucapnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
loading...