Terbaru

Pemko Gunungsitoli Bantu Warga Korban Angin Puting Beliung

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli saat serahkan bantuan secara simbolis |Foto: istimewa 

Gunungsitoli, - Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si menyerahkan bantuan secara simbolis kepada keluarga korban yang terkena bencana angin puting beliung yang terjadi pada hari Kamis  tanggal 25 Maret 2021,

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli, Desa Saewe Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (26/03/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Gunungsitoli Faoziduhu Telaumbanua pada saat menyampaikan laporannya menerangkan bahwa kejadian tersebut terjadi pada tanggal 10 Maret 2021 sekitar Pkl. 00.15 Wib dan terdampak pada 3 Desa di Kecamatan Gunungsitoli yakni Desa Moawo, Desa Sifalaete Ulu dan Desa Saewe dengan jumlah rumah terdampak sebanyak 37 unit dan 4 unit fasilitas umum lainnya.

"Atas dampak kejadian di 3 Desa tersebut, BPBD Kota Gunungsitoli telah mengambil langkah upaya penanganan sementara yakni pembagian tenda bagi keluarga yang rumahnya dianggap rusak berat," jelasnya.

Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa semua pihak baik pemerintah begitu juga masyarakat tidak pernah menginginkan bencana seperti ini terjadi.

“Bahkan kita berharap kita tetap dalam situasi aman, nyaman dan tetap berjalan normal tanpa ada sesuatu hal apapun. Tapi memang kadang bencana suatu saat akan terjadi,” ucap Sowa’a.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban bapak ibu yang terkena dampak bencana beberapa minggu lalu walaupun hanya berupa seng. Harapan kami juga kepada Kepala Desa untuk terus memberikan dukungan pada warga, bahkan sebenarnya walaupun APBDes sudah berjalan, namun bila duduk melalui musyawarah bersama dengan ketua BPD dan komponen-komponen yang ada di desa, Pemerintahan Desa bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan," ujarnya.

Ia berharap kedepan, Pemerintah Desa bisa lebih mengantisipasi kejadian-kejadian bencana dalam bentuk penyediaan tenda darurat.

"Karena saya lihat di daerah sekitar ini sudah hampir setiap tahun terjadi dampak puting beliung. Saya juga harapkan kepada masyarakat yang berdomisili di Kota Gunungsitoli dan belum menjadi penduduk Kota Gunungsitoli agar melapor dan segera mengurus administrasi kependudukan agar menjadi warga Kota Gunungsitoli, sehingga kejadian yang terjadi seperti ini tidak menjadi persoalan ditengah-tengah kita,” tambahnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
loading...
 border=