Terbaru

Penyabar Nakhe Dorong Terwujudnya Masyarakat 'Sadar Wisata' Di Kepulauan Nias


Gunungsitoli, - Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi PDI Perjuangan, Penyabar Nakhe mendorong semua pihak untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor Kepariwisataan di kepulauan Nias. 

Hal itu dibuktikan saat dirinya terus berupaya menggelar sejumlah kegiatan. Kali ini Penyabar Nakhe menghadiri kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) nomor 5 tahun 2018 tentang Kepariwisataan dan kegiatan itupun diselenggarakan di Desa Tumori Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli, Senin (22/03/2021).

"Tujuan kita memberikan sosialisasi tentang Perda ini ialah agar masyarakat memahami apa saja regulasi yang perlu dipenuhi sehingga untuk mewujudkan 'Masyarakat Sadar Wisata' dapat terealisasi dengan baik," harapnya. 

"Selama ini masyarakat menginginkan perkembangan wisata dapat terwujudkan, namun sangat minim masyarakat yang memahami regulasinya dan mekanisme yang harus dipenuhi. Sehingga dalam realisasinya, masyarakat dan pemerintah sering tidak menemukan titik temu. Artinya pengajuan dari masyarakat sering tidak terealisasi akibat tidak sesuai dengan regulasi dari Perda yang ditetapkan oleh Pemerintah," tambahnya. 

Untuk itu dia mengharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban yang harus dipenuhi guna mewujudkan Kepariwisataan yang dapat mensejahterahkan masyarakat itu sendiri. 

Penyabar Nakhe yang saat itu juga turut didampingi oleh tim Hiduplah Indonesia Raya (HIDORA) yang merupakan konsultan sekaligus praktisi pariwisata dari Banyuwangi, Jawa Timur. Kata Penyabar Nakhe, tim HIDORA inilah yang kemudian memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait regulasi guna mewujudkan masyarakat sadar wisata. 

"Selain sektor wisata dan kebudayaan, saya juga tetap mendorong sektor lainnya seperti sektor Pendidikan dan juga ketenagakerjaan sehingga masyarakat kita di kepulauan Nias sedikit demi sedikit dapat terberdayakan," ucap Wakil DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara tersebut. 

Sementara itu, pemerintah desa Tumori bersama masyarakat terlihat sangat antusias dan menyambut baik program dan kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut pun turut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat di daerah itu dan dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli, Meiman Kristian Harefa. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...