Terbaru

Hardiknas 2021, Sowa'a Laoli: Ditengah Pandemi, Ortu Wajib Berperan Menjadi Guru

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Dalam situasi Pandemi Covid-19, para orang tua juga wajib berperan sebagai guru. Semua orang bisa menjadi guru untuk anak-anak agar proses pendidikan tidak terhenti meskipun terdapat beragam kendala dalam memajukan dunia pendidikan ditengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli seperti dikutip dari rri.co.id dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 yang diperingati hari ini melalui tema "Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar", Minggu (02/5/2021).

Dikatakan, Pemerintah Kota Gunungsitoli juga telah melakukan berbagai upaya dan dukungan sarana prasarana termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia para tenaga pendidik selama pandemi Covid-19.

"Sejak virus covid-19 masuk ke Indonesia khususnya di Kota Gunungsitoli proses pendidikan mengarah kedigitalisasi namun hal ini tidak dapat dipertahankan karena sangat merugikan para siswa-siswi yang belajar mengajar yang membutuhkan praktek secara langsung," ungkapnya.

Dikatakannya, masa Pandemi Covid-19 membuat pola pendidikan berubah dimana semula proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka namun kini, proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi.

"Ditengah pandemi covid-19 saat ini tenaga pendidik dituntut agar dapat lebih kreatif dan berivonasi dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga para siswa tidak ada yang merasa ketinggalan mata pelajaran," ujarnya.

Untuk mengatasi hal itu, sambung Sowa'a, dibutuhkan inovasi khususnya oleh pihak guru dan sekolah dalam memanfaatkan keadaan yang serba terbatas karena tujuan pendidikan adalah untuk membuat cerdas generasi penerus bangsa, serta membentuk karakter bangsa yang berbudaya sehingga tantangan sebesar apapun harus bisa diatasi dan menjadi tanggung jawab bersama.

"Kita harus merdeka dalam belajar. Kita tidak boleh mengalah ditengah situasi saat ini. Selamat memperingati hari pendidikan nasional," tambahnya. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=