Terbaru

Penyabar Nakhe Gelar Festival Kuliner Tradisional Di Kecamatan Toma Nisel

Festival Kuliner di Nias Selatan |Foto: Ferry Harefa 

Nias Selatan, - Dalam rangka melestarikan kuliner tradisional khas daerah Nias (Fakhe Nifalogu dan Babae), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sumatera Utara daerah pemilihan (Dapil) VIII kepulauan Nias fraksi PDI Perjuangan, Penyabar Nakhe melaksanakan festival kuliner antar desa se-kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, Minggu (27/06/2021).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Rock Star  Beach tersebut, Penyabar Nakhe menyebutkan bahwa kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat tetap melestarikan kuliner tradisional khas daerah Nias dan agar masyarakat mampu menciptakan cita rasa yang istimewa dari daerah Nias sendiri.

"Kita mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, generasi muda tidak lupa akan makanan khas daerah kita, kemudian mereka dapat terhindar dari berbagai hal-hal negatif ketika mereka punya kemampuan dan kreatif tersendiri," tuturnya.

Dia juga menyebutkan program kerja yang lain yang dia lakukan ialah melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

"Para generasi muda kita berdayakan SDM nya agar mereka memiliki kegiatan dan kesibukan pada hal-hal yang positif. Salah satu caranya ialah dengan menyelenggarakan pelatihan memainkan alat musik tradisional daerah Nias," sebut Penyabar.

Selain itu dia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidaklah berfokus pada kejuaraan dan hadiahnya. Menurut dia hal itu lebih fokus pada upaya membangkitkan semangat masyarakat terutama dalam mendukung kemajuan dunia kepariwisataan di kepulauan Nias. 

Terlihat pada kegiatan tersebut para peserta sangat antusias. Mereka dengan semangat menyampaikan tutorial pembuatan dari awal sajian kuliner yang ditampilkan tersebut.

Berikut daftar nama-nama desa se-kecamatan Toma yang mengikuti kegiatan festival kuliner tersebut diantaranya yaitu Hiliamaetaluo, Hilisataro, Bawoganowo, Hilialawa, Hilindrasoniha, Hilisataro Raya, Hilisataro Gewa, Hiliasi, Hilimagari, Hilisoromi, Hilisataro Nandisa, Hilisataro Ehosofaya, Hilindrasoniha Raya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa, Tim dari kantor wilayah Kemenkumham sumatera utara, tim juri, perwakilan Polres Nias Selatan, tokoh masyarakat, W.O.W dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=