Terbaru

Percepat Realisasi DAK Fisik dan DD Tahun 2021, KPPN Gunungsitoli Koordinasi Ke Bupati Nisel

Kepala KPPN Gunungsitoli dan Bupati Nias Selatan |Foto: istimewa 

Nias Selatan,- Untuk mempercepat realisasi penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa Tahun 2021 khususnya di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Kepala Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Gunungsitoli melakukan koordinasi langsung kepada Bupati Nias Selatan, Rabu (09/06/2021).

KPPN melakukan koordinasi dalam rangka mempercepat terwujudnya pembangunan di berbagai sektor strategis di Kabupaten itu.


Kepala KPPN Gunungsitoli Jakson Sunario Panjaitan mengatakan pada tahun 2021, Kabupaten Nias Selatan memperoleh Alokasi Dana DAK Fisik  sebesar Rp164.647.261.000 dan Dana Desa sebesar Rp351.138.751.000. 

"Realisasi penyaluran DAK Fisik masih rendah yaitu sebesar Rp1.679.750.000 atau sebesar 1% dari alokasi dana yang tersedia," ujarnya.

Sementara untuk realisasi dana desa  sebesar Rp.59.662.087.920 atau sebesar 17% dari alokasi dana yang tersedia. 

Masih rendahnya capaian realisasi DAK Fisik dan Dana Desa itu, menjadi perhatian Kepala Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Gunungsitoli sehingga pro aktif untuk melakukan koordinasi dengan Bupati Nias Selatan untuk melakukan sharing session terkait upaya mempercepat penyaluran dana DAK Fisik dan Dana Desa. 


Sementara itu, Bupati Nias Selatan, Bapak Hilarius Duha memberikan sambutan yang positif atas kunjungan dari KPPN Gunungsitoli tersebut. 

Bahkan pada pelaksanaan sharing session, Kepala KPPN Gunungsitoli Jakson Sunario Panjaitan, memaparkan kondisi penyerapan DAK Fisik dan Dana Desa di wilayah Kabupaten Nias Selatan serta mengingatkan kembali tahapan serta persyaratan dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa sebagaimana diatur dalam ketentuan yang berlaku. 

Usai pemaparan dari KPPN, Bupati Nias Selatan secara langsung menanyakan kepada masing-masing OPD terkait tentang kendala-kendala yang dihadapi sehingga berdampak rendahnya penyerapan anggaran DAK Fisik dan Dana Desa pada tahun 2021 ini.

Mengakhiri acara sharing session, Bupati Nias Selatan mengucapkan terima kasih Kepada KPP Gunungsitoli dan Tim atas informasi terkini penyerapan dana DAK Fisik dan Dana Desa di wilayahnya serta berjanji akan melakukan rapat yang lebih intensif dengan OPD dalam membahas lebih detail permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Dalam kunjungan kerja KPPN itu juga turut dihadiri Kepala Seksi Bank (Untung Rismanto) dan staf pada seksi Bank (Bapak Fadly). (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=