Terbaru

Kelompok UMKM Lima Sekawan Terima Bantuan Dari BRI Cabang Gunungsitoli

Pincab BRI Gunungsitoli menyerahkan bantuan kepada kelompok UMKM Lima Sekawan |Foto: Ferry Harefa 

Gunungsitoli, - Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lima Sekawan di desa Lolomoyo Tuhemberua Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli menerima sejumlah bantuan usaha dari pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Gunungsitoli, Senin (05/07/2021).

Bantuan tersebut diserahkan oleh pihak BRI dengan tujuan membantu mengembangkan usaha yang sedang dirintis oleh kelompok UMKM Lima Sekawan.

"Ini dana CSR dari BRI untuk diberikan kepada masyarakat pelaku usaha. Tujuannya ialah menunjang perkembangan usaha itu sendiri. Selaku badan usaha milik negara, kami berkewajiban untuk hadir membantu perekonomian masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri," terang Kepala BRI Cabang Gunungsitoli, Mangiring Lumban Gaol.

Dijelaskannya bahwa pihak yang mendapatkan bantuan ini untuk kepulauan Nias sangat terbatas, yakni hanya 2 UMKM saja. Yang pertama UMKM Lima Sekawan di Gunungsitoli dan 1 lagi UMKM di kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. 

Saat itu dia berharap agar bantuan yang diberikan itu dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan dan mempermudah pekerjaan dalam pengembangan UMKM Lima Sekawan.

Mangiring juga menjelaskan bahwa masyarakat yang bermitra dan kerjasama dengan BRI sangat terbantu terutama dalam memberikan modal karena menurutnya, bunga uang yang harus dibayarkan terhadap pinjaman sangatlah kecil dan terjangkau. 

"Bunga uang dari BRI itu sangat murah dibandingkan dengan yang lain bapak ibu, hanya 0,5 persen perbulannya," tuturnya.

Sementara dalam sambutan Kepala Desa Lolomoyo Tuhemberua, Herman Zebua mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada pihak BRI Cabang Gunungsitoli yang telah mendukung pengembangan UMKM yang ada di wilayah desanya itu. 

"Hasil-hasil produk dari UMKM Lima Sekawan ini nantinya akan kita promosikan, apalagi di desa kita ada objek wisata. Sehingga produk ini dapat mendukung bidang Pariwisata yang ada di desa Lolomoyo Tuhemberua ini. Nantinya produk ini akan kita promosikan ditempat semacam gazebo di objek wisata," sebut Herman. 


Diakhir sambutannya, Herman menghimbau agar masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan dari BRI untuk mengembangkan UMKM. 

Selanjutnya dalam sambutannya, mewakili kelompok UMKM Lima Sekawan, Bearo Zebua mengucapkan terimakasih kepada pihak BRI atas bantuan berupa beberapa peralatan yang mendukung usaha kelompok tersebut. 

"Selama ini kami bermitra dengan BRI untuk meminjam dana sebagai modal usaha. Jujur kami sangat terbantu mengembangkan usaha yang sedang kami rintis sampai saat ini. Terima kasih juga untuk bantuan yang telah diberikan pada hari ini," ucap Bearo. 

Saat dikonfirmasi dilokasi tersebut, Bearo menuturkan sejumlah jenis usaha yang sedang dikembangkan oleh UMKM Lima Sekawan diantaranya pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO),  Kripik Gamumu, Bubuk Jahe Merah, dan snak Siput.

Untuk diketahui adapun jenis bantuan yang diberikan BRI Cabang Gunungsitoli kepada kelompok UMKM Lima Sekawan ialah :

a) 1 Unit Mesin Pemeras Santan (Merk Honda GX)

b) 5 Unit Mesin Parutan kelapa (Besar)

c) 2 Unit Hot Gun (Alat Perekat Segel Tutup Botol)

d) 1 Unit Printer Scanner (Epson L3110)

e) 5 Bal Kemasan Botol 500ml & 100ml

f) 6 Buah Stoples Jumbo

g) 1 Buah Plang Merk Klaster Usaha

Semuanya itu diberikan sebagai penunjang operasional produksi minyak VCO. Selain peralatan kerja di atas, BRI juga menyerahkan uang tunai sebesar Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah). (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=