Terbaru

Operator Siskeudes Yang Terampil Adalah Kunci Utama Pengelolaan Keuangan Desa

Camat Gunungsitoli Barat Arianto Zega |Foto: Ferry Harefa 

Gunungsitoli, - Camat Gunungsitoli Barat, Arianto Zega, S.E,M.M mengungkapkan bahwa kemampuan sumber daya manusia (SDM) dari operator Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan kunci utama keberhasilan setiap desa dalam pengelolaan keuangan desa. 

Hal itu disampaikan oleh Arianto pada saat pihak menggelar kegiatan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.3 tahun 2021 yang dilaksanakan di ruang pertemuan kantor kecamatan Gunungsitoli Barat, Rabu (14/07/2021).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh operator Siskeudes desa yang berasal dari desa Se-Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli serta mendatangkan Narasumber dari dinas PMD/K Kota Gunungsitoli, juga turut dihadiri oleh tenaga pendamping desa.

"Kemampuan operator Siskeudes merupakan kunci utama dalam keberhasilan setiap desa dalam hal mengelola keuangan desa. Mereka harus memiliki keterampilan khusus tentang pengelolaan keuangan. Untuk itu mereka harus terus diberikan informasi-informasi terbaru. Dan ini merupakan prioritas utama yang ingin kita targetkan pada pelaksanaan pelatihan ini," tutur Arianto zega.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa program aplikasi terbaru Siskeudes ini harus terus diup-date guna mengefektifkan dan mengefisienkan serta mempermudah para operator saat bekerja. 

Selanjutnya Arianto berharap supaya Operator Desa lebih aktif dan teliti dalam pengimputan Nomeklatur dan anggaran setiap tahapannya baik itu percanaan, proses dan output/pelaporan evaluasi yang baik di 9 Desa se-Kecamatan Gunungsitoli Barat. 

Tidak hanya itu, Arianto juga berharap pola pembangunan tahun ini lebih diprioritaskan di bidang pemberdayaan desa se-kecamatan Gunungsitoli Barat.

"Kami dari kecamatan terus berupaya mengadvokasi desa-desa untuk memperbaiki Dana Desa (DD) ke arah produktif. Sehingga  mempunyai dampak positif terhadap PADes dan meningkatkan ekonomi masyarakat, serta rekan-rekan operator Siskeudes di desa juga diharapkan dapat melihat nomenklatur yang tepat untuk pemberdayaan desa dan tidak salah saat menginput," harapnya. 

"Saya berharap rekan-rekan operator Siskeudes dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga hasilnya sesuai dengan harapan bersama," pungkasnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...