Terbaru

Universitas Nias Tak Kunjung Beroperasi, BEM IKIP Gunungsitoli Protes

Wakil Ketua BEM IKIP Gunungsitoli |Foto: istimewa 

Gunungsitoli, - Kabar tentang pembentukan Universitas Nias (UNIAS) telah lama berhembus, namu sampai saat ini Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) Nias terkesan tak serius mewujudkannya. 

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IKIP Gunungsitoli, Krisman Zendrato yang menilai Yaperti setengah hati mewujudkan Universitas Nias. Dia pun mendesak agar Yaperti Nias lebih serius dalam mewujudkan Universitas Nias ini. 

"Seperti yang Kita ketahui bersama Bahwa Pada tanggal 11 Oktober 2021 yang lalu telah terlaksananya serah terima SK Universitas Nias Oleh Ka.LLDIKTI WILAYAH 1 Kepada Ketua Umum Yaperti Nias. Hal ini perlu diapresiasi baik karna impian kita bersama perihal penggabungan dua lembaga pendidikan yakni IKIP Gunungsitoli dan STIE Pembnas Nias menjadi satu lembaga pendidikan yaitu Universitas Nias sudah terlaksana, yang dibuktikan dengan terbitnya SK dari Kemendikbudristek RI," sebut Krisman.

"Serah terima SK Universitas Nias kepada Ketum Yaperti Nias sudah berjalan selama hampir 1 bulan akan tetapi masih belum ada gambaran dan wujud dari universitas Nias," terangnya.

Menurut Krisman, Yaperti Nias Kurang serius dalam mewujudkan universitas Nias. Hal ini berbeda dengan UNIRAYA, sebagai bahan perbandingan, Kalau UNIRAYA 1 Minggu setelah keluar SK maka ditetapkan karena memang sudah ada persiapan sebelumnya, sedangkan UNIAS kata Krisman sudah hampir 1 bulan Rektornya masih belum ditetapkan.

"Hal ini dikarenakan belum ada persiapan-persiapan matang dan terkesan asal sudah dari pihak Yaperti Nias. Itulah yang saya sebut kurang serius," tambahnya. 

Pada kesempatan itu Krisman meminta agar Yaperti Nias lebih serius dan secepatnya menyelesaikan proses UNIAS dan segera mewujudkannya. Karna menurut dia apa bila terlalu lama prosesnya maka akan berdampak kepada kehidupan akademik mahasiswa.

"Karena ini sudah mau mendekati akhir semester ganjil, mahasiswa akan kebingungan ketika mau mengurus berkas administrasi perkuliahan mahasiswa, apalagi bagi mahasiswa yang mau meneliti. Mereka bingung mau berpedoman dimana, berpedoman pada IKIP/STIE atau berpedoman pada UNIAS. Maka dari itu dengan tegas kami meminta agar secepatnya UNIAS di realisasikan" harapnya. 

Hingga saat ini, wartanias.com masih berupaya melakukan konfirmasi kepada pihak Yayasan Perguruan Tinggi Nias (Yaperti Nias). (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=