Terbaru

Ormas Perkumpulan Keturunan Daeli Dibentuk, Damili Gea Jadi Ketum

Tim Pembentukan Ormas Perkumpulan Keturunan Daeli |Foto:  Budi Gea

Gunungsitoli,- Ratusan masyarakat Se Pulau Nias dari keturunan Daeli resmi membentuk Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang diberi nama Perkumpulan Keturunan Daeli, dalam bahasa Nias 'Orahua Nga'őtő Daeli' di halaman rumah adat Nias, Desa Binaka, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Selasa (22/02/2022).

Tokoh masyarakat dari Kota Gunungsitoli Damili R Gea, SH terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum), Pdt. Agus Farasi terpilih sebagai Sekretaris Umum (Sekum) dan Pdt. Miseri Daeli terpilih sebagai Bendahara Umum (Bendum).


Pada pertemuan itu, Firman Jaya Daeli juga terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina ormas yang tujuannya bergerak di bidang sosial kemasyarakatan tersebut.

Pengurus harian juga telah membentuk Tim Formatur yaitu
1. Luther Daeli ( Ngaoto Tuada Gomi,)
2. Pdt.Sarofati Gea,Sth, (Ngaoto Tuada Farasi)
3. Dalizokhi Gea(Ngaoto Tuada Mangarazaembo),
4. Yardius Gea (Ngaoto Tuada Garilawo)
5. Firman Yanus Larosa(Ngaoto Tuada Wewesesolo)
6. Saribudi Gea (Ngaoto Tuada Luza Niha)

"Ini satu sejarah baru telah terbentuk satu Ormas yang diberi nama Orahua Ngaoto Daeli pada hari ini. Setelah terbentuk, para pengurus yang terpilih akan bekerja selama dua tahun untuk mewujudkan program yang telah direncanakan bersama," ujar Damili R Gea.

Damili menjelaskan, adapun hasil lain yang di sepakati adalah:
1. Melaksanakan Pemugaran Kuburan Tuada Daeli dan Gea
2. Menggali dan menyusun Silsilah Tuada Daeli dan Gea menjadi satu buku sejarah.
3. Menghimpun pendanaan secara gotong royong utk pemugaran Kuburan Tuada Daeli dan Gea serta operasional kebutuhan organisasi
4. Seluruh peserta pertemuan menjadi unsur Badan Pendiri ORAHUA NGAOTO DAELI
5. Seluruh peserta berkewajiban melaksanakan Konsolidasi terhadap segenap Ngaoto Tuada Gea untuk berpartisipasi dan merupakan bagian dari organisasi yg tidak membedakan status sosial dan adat.
6. Pengurus ORAHUA NGAOTO DAELI melaksanakan Koordinasi dan sinergitas terhadap organisasi atau perkumpulan Ngaoto Tuada Daeli yg sudah dibentuk selama ini baik yg ada di wilayah Kepulauan Nias maupun yg di luar daerah.
7. Kepengurusan ORAHUA NGAOTO DAELI di bentuk Koordinator di masing masing Kabupaten/Kota bahkan sampai di tingkat Kecamatan di Kepulauan Nias.

Adapun Tim yang memprakasai pembentukan Organisasi tersebut adalah Firman Jaya Daeli, Hadirat ST Gea, Fatisokhi Gea, Dami R Gea, Pdt Agus Farasi dan Yunius Larosa.

Pantauan wartanias.com, masyarakat Nias keturunan Daeli yang menghadiri acara tersebut berasal dari Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
loading...
 border=