Terbaru

Gelar Musrenbang, Ini Dia Tema Pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2023


Gunungsitoli,-  Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Oimonaha Waruwu mengatakan bahwa tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2023 adalah Penguatan  Infrastruktur Wilayah dan Ekonomi Untuk Peningkatan Daya Saing Daerah. 

Hal tersebut disampaikan Oimonaha Waruwu mewakili Wali Kota Gunungsitoli dalam arahanya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jumat (26/03/2022) yang dilaksanakan oleh Bappelitbang Kota Gunungsitoli. 

Dijelaskannya, tema pembangunan Kota Gunungsitoli tersebut di implementasikan kedalam empat prioritas pembangunan daerah yaitu:

Peningkatan kualitas infrastruktur dan prasarana wilayah yang berwawasan lingkungan, Peningkatan aktivitas sektor perdagangan dan jasa, pertanian dan perikanan, Peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kerukunan kehidupan sosial masyarakat serta Peningkatan kualitas tata kelola Pemerintahan dan pelayanan publik.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Musrenbang yang telah hadir. Selanjutnya kepada para pemangku kepentingan  pembangunan dan semua elemen masyarakat Kota Gunungsitoli agar mengawal setiap tahapan perencanaan ini dengan memberikan sumbangan saran maupun koreksi terhadap rumusan yang telah ada, sehingga pada gilirannya akan bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah Kota Gunungsitoli,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan Plt. Kepala Dinas Sosial Sumatera Utara Dra. Hj. Manna Wa Salwa Lubis menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terselenggaranya Musrenbang penyusunan RKPD Kota Gunungsitoli Tahun 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di daerah dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional yang telah dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah serta mempedomani Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Forum musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis dimana seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2023 yang telah disusun oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli,”ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tema RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 yang sudah ditetapkan adalah Akselerasi pencapaian produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan melalui koloborasi perencanaan pembangunan Sumatera Utara Bermartabat.

Adapun yang menjadi narasumber pada Musrenbang tersebut adalah Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Agus Kuncoro, S.Sos, M.Si dengan topik pembahasan Sinkronisasi dan Optimalisasi Pembangunan Daerah dan Desa Pasca Pandemi Covid-19;  Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Utara Yosi Sukmono, ST topik pembahasan Arah Kebijakan serta Prioritas Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 dan  Kepala Bappelitbang  Kota Gunungsitoli Karya Septianus Bate'e, SSTP, MAP  topik pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023. (Red)

Iklan

Loading...
 border=