Terbaru

Pemko Gunungsitoli Bangun Taman Bermain Anak di Eks Pasar Luaha

Eks Pasar luaha dan konsep taman bermain anak yang akan dibangun |Foto: istimewa 

Gunungsitoli,- Pemerintah Kota (Pemko) Gunungsitoli tahun ini sedang memulai pembangunan taman bermain anak di lokasi Eks Pasar Luaha Gunungsitoli. 

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Pemko Gunungsitoli Karya S Bate'e kepada wartanias.com, Selasa (29/03/2022) mengatakan bahwa taman bermain anak tersebut nantinya termasuk kawasan bebas asap rokok.

"Rata rata fasilitas publik di Kota Gunungsitoli tidak ramah anak. Makanya kita bangun kawasan taman ramah ini. Nanti di kawasan itu bebas asap rokok dan sifatnya hanya terbuka untuk anak-anak saja," jelasnya.

Karya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli telah berkomitmen menjadikan Kota Gunungsitoli sebagai salah satu Kota ramah Anak.

"Tahap pembangunan sedang dikerjakan. Kita doakan selesai tahun ini sehingga terwujud ruang terbuka publik yang ramah anak," tuturnya.

Selain itu, Karya menuturkan bahwa di lokasi ruang publik ramah anak itu nantinya juga bisa diakses oleh penyandang disabilitas.

"Di lokasi itu nanti kita sediakan sejumlah fasilitas bermain anak dan juga fasilitas perpustakaan khusus untuk anak," ungkapnya.

Dana pembangunan kawasan tersebut  bersumber dari APBD 2022 dengan nomenklatur kegiatan mencakup Penataan Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli dan pengembangan kawasan wisata Taman Ya'ahowu Eks Pasar Luaha serta uraian pekerjaan persiapan, taman, pekerjaan perpustakaan dan penataan Lapangan Merdeka, yang menelan anggaran senilai 2,9 miliar. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=