Terbaru

Pemerintah Kota Gunungsitoli Gelar Konferensi Pers Tentang Penyelenggaraan Kegiatan


Gunungsitoli,- Untuk menyapaikan sejumlah perkembangan penyelenggaraan Pemerintahan, Pemerintah Kota Gunungsitoli mengadakan Konferensi Pers kepada sejumlah Wartawan bertempat di Kaliki Hotel and Resto, Kamis (28/04/2022).

Adapun beberapa perkembangan penyelenggaraan Pemerintahan yang disampaikan oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua adalah sebagai berikut :

Pemerintah Kota Gunungsitoli melanjutkan pembangunan landmark wisata rohani di Desa Lolowonu Niko'otano Kecamatan Gunungsitoli, penataan Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli dan pengembangan kawasan wisata Taman Yaahowu dhi. Eks Pasar Luaha Kota Gunungsitoli.

Untuk realisasi pelaksanaan APBD 2022 hingga 31 Maret 2022 sudah mencapai 7,59 persen. Dengan realisasi serapan anggaran tersebut, Kota Gunungsitoli berada di urutan ke 9 se-Indonesia untuk tingkat kota dengan realisasi belanja tertinggi. 

Pada pelelangan pekerjaan fisik telah terealisasi mencapai 69 persen dari total pagu diluar dari pengadaan langsung dan swakelola. Diantaranya telah dilaksanakan tender sebanyak 82 paket  dengan nilai Rp. 117.454.880.884,-. 

Untuk mengantisipasi lonjakan harga minyak goreng, Pemerintah Kota Gunungsitoli juga sudah melaksanakan operasi pasar minyak goreng kemasan sebanyak 2 kali dengan menyediakan 2400 liter, dan untuk minyak goreng curah sebanyak 1 kali, sesuai harga eceran tertinggi (het) yang ditetapkan Pemerintah sebesar Rp. 15.500 /kg atau Rp. 14.000/liter dengan menyediakan sebanyak 10.000 kg minyak goreng curah.

Untuk penataan pasar, Pemerintah Kota Gunungsitoli telah melakukan relokasi pedagang Pasar Beringin dan Pedagang Kaki Lima (pkl) ke eks terminal kepada 216 pedagang dan 70 orang pedagang kaki lima dan untuk tetap melanjutakan penataan Pemerintah Kota Gunungsitoli akan tetap melakukan penertiban pedagang kaki lima dan usaha lainnya yang menggunakan fasilitas publik, berdasarkan Perda Nomor 04 Tahun 2016 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Selain itu,  juga dilakukan penertiban kendaraan angkutan barang over dimensi dan over loading (odol) serta bongkar muat di tepi jalan, Dinas Perhubungan telah menilang sebanyak 95 unit kendaraan angkutan yang melanggar ketentuan.

Program dana bergulir dengan modal Rp. 4 miliar sejak tahun 2019, hingga saat ini telah  dimanfaatkan 302 pelaku usaha dengan pencairan/omset sebesar Rp. 5.695.000.000.  Dari sejumlah pelaku usaha yang memanfaatkan dana bergulir tersebut, sebanyak 57 debitur sudah melakukan pelunasan,  dan dana yang sedang bergulir sebanyak 245 debitur.

Sedangkan perkembangan pencetakan administrasi kependudukan, disampaikan bahwa terhitung sejak 21 april 2022 sistem informasi administrasi kependudukan (siak) yang digunakan untuk mengelola dan menerbitkan dokumen kependudukan telah di tingkatkan ke versi terpusat dan hingga 27 april 2022 sudah 4663 dokumen yang sudah selesai dikerjakan/cetak.

Terakhir disampaikan, bahwa capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis I sebesar 95,50 persen, dosis II sebesar 78,81 persen dan dosis III sebesar 17,44 %.

Turut hadir diacara tersebut, Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Arham Dusky Hia, M.Si , Staf Ahli Wali Kota dan Sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. (Red/rlskominfo)

Iklan

Loading...
loading...
 border=