Terbaru

Yunius Larosa Akan Dirikan Lembaga Pendidikan Tuna Netra di Pulau Nias

Yunius Larosa |Foto: wnc

Gunungsitoli,- Berangkat dari adanya beberapa penyandang disabilitas Netra yang berasal dari kepulauan Nias yang harus menempuh Pendidikan maupun pelatihan di Kota Medan dan sekitarnya, Tokoh masyarakat Kota Gunungsitoli Yunius Larosa berencana mendirikan sekolah atau lembaga pendidikan  tuna netra di Pulau Nias.

Ditemui di kediamannya, Yunius yang juga bekerja sebagai Anggota DPRD Kota Gunungsitoli tersebut menceritakan bahwa tujuan mendirikan sekolah penyandang disabilitas tuna netra di Pulau Nias tersebut untuk peduli akan hak dan penghormatan, perlindungan serta perlindungan penyandang disabilitas.

"Di Kota medan saya melihat ada puluhan masyarakat Pulau Nias yang mengikuti sekolah atau pelatihan di yayasan peduli tuna netra. Pemilik Yayasan tersebut lah yang mendorong saya untuk membuka tempat pelatihan atau sekolah seperti itu di Pulau Nias," ucapnya.

Setelah dipertimbangkan, Yunius mengaku bersedia membuka sekolah atau lembaga pendidikan tuna netra tersebut di Pulau Nias.

"Saya sempat pertimbangan beberapa minggu. Namun mengingat ini adalah misi kemanusiaan, maka saya putuskan untuk membuka sekolah tersebut," tuturnya.

Politisi Partai Demokrat tersebut menjelaskan akan memberikan nama organisasi yakni Ono Niha Peduli Disabilitas Netra (ONI PEDISTRA) yang sah dan berbadan hukum.

"Penyelenggaraan Pendidikan dan pelatihan tersebut akan dilaksanakan dengan cara inklusi dan berbasis masyarakat (bukan berbasis panti)," ucapnya.

"Untuk itu, kita sangat mengharapkan pengertian, partisipasi serta penerimaan dari pemerintah, masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta semua pihak akan pentingnya pendidikan maupun pelatihan bagi penyandang disabilitas Netra ini nantinya," jelasnya.

Yunius menambahkan, untuk memulai tekadnya mendirikan lembaga pendidikan tersebut, besok, Jumat (20/05/2022), tim Hildesheimer Blindenmission, Jerman (HBM) serta Tim Komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND) Indonesia dan Direktur Yayasan Penyandang Disabilitas Tuna Netra Sumut akan berkunjung di Kota Gunungsitoli.

"Tim tersebut besok akan kita sambut di Kota Gunungsitoli. Kita juga akan memfasilitasi Tim tersebut untuk bertemu beberapa Kepala Daerah di Pulau Nias ini," tambahnya.  (BG)

Iklan

Loading...
loading...
 border=