Terbaru

Festival Kreatifitas Seni dan Budaya Kota Gunungsitoli Tahun 2022


Gunungsitoli,- Festival Kreatifitas Seni dan Budaya Kota Gunungsitoli Tahun 2022 yang diadakan Pemko Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli berlangsung meriah, bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu (18/06/2022).

Kegiatan festival diawali dengan Gunungsitoli Culinary Festival, para peserta menyajikan ragam makanan untuk dinilai oleh dewan juri. Selain itu, ada juga Gunungsitoli Fashion Carnaval, yang pelaksanaan pawainya dimulai dari jalan Ir. Soekarno hingga menuju Taman Ya’ahowu melalui jalan Sirao. 

Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Drs. Oimonaha dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Karena menjadi media promosi pariwisata Kota Gunungsitoli, terlebih-lebih karena pada kegiatan tersebut menampilkan kolaborasi kesenian tradisional, model dan kontemporer.

“Peningkatan budaya saing pariwisata sangat dipengaruhi oleh strategi, inovasi dan kreatifitas suatu daerah dan Kota Gunungsitoli memiliki potensi yang luar biasa baik dari sisi destinasi pariwisatanya, budayanya, dan juga potensi ekonomi kreatif yang harus dikelola dengan tepat sehingga dapat memberikan dampak untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Sebagai warga Kota Gunungsitoli, kita patut bersyukur karena kemajemukan penduduknya membuat Kota Gunungsitoli memiliki potensi budaya yang apabila dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai untuk membentuk karakter yang tangguh, serta dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata daerah,” ucap Sekda.

Masih disampaikannya, agar seluruh stakeholders untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan industri pariwisata daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Karena keberhasilan pembangunan pada sektor pariwisata sangat mungkin dapat diraih,  sebab Kota Gunungsitoli memiliki keanekaragaman budaya etnis, objek wisata yang tak kalah menarik juga ditunjang keberadaan wilayah sebagai pintu gerbang masuk di Kepulauan Nias.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir.Nur Kemala Gulo dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Festival Kreatifitas Seni dan Budaya Kota Gunungsitoli Tahun 2022 menjadi cerminaan bahwa Kota Gunungsitoli adalah tempat yang nyaman bagi siapapun, serta keberagaman yang ada membuat Kota Gunungsitoli semakin tangguh dan berdaya saing.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mengambil bagian mengikuti acara ini baik itu kelompok sanggar dan komunitas pencinta seni dan budaya,” ucapnya.

Kegiatan tersebut juga turut dimeriahkan oleh pelaku ekonomi kreatif bekerjasama dengan Dinas Perisdustrian, Koperasi dan UMKM Kota Gunungsitoli dengan memajang produk-produk usaha masing-masing, ada juga sendra tari dan panggung musik

Turut hadir pada acara tersebut Kepala OPD Lingkup Pemko Gunungsitoli, Ketua 1 TP-PKK Kota Gunungsitoli Ny. Venny Sowa’a Laoli Ketua Dharma Wanita Kota Gunungsitoli, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Budaya. (Red/rlskominfo)

Iklan

Loading...
 border=